Amankan Pemilih di TPS, Ini Langkah KPU Karangasem

  • Whatsapp
I Gede Krisna Adi Widana. Foto: ist
Gede Krisna Adi Widana

KARANGASEM – Salah satu pekerjaan rumah KPU yang melangsungkan Pilkada 2020, yakni masih adanya keraguan di masyarakat datang ke TPS menggunakan hak pilih pada 9 Desember nanti di tengah pandemi Covid-19 ini. Kondisi semacam itu sangat disadari Ketua KPU Karangasem, I Gede Krisna Adi Widana. Karena itu, dia mengingatkan kembali bagaimana KPU berupaya menjaga keamanan petugas pemilihan dan para pemilih saat mencoblos di TPS.

Menurut Krisna, Selasa (3/11/2020) sangat wajar jika ada rasa waswas tertular Corona dalam benak masyarakat. Namun, menyerukan masyarakat tidak takut datang ke TPS, karena KPU menerapkan 12 hal baru di TPS. “Memilih itu bukan soal kalah-menang, memilih itu untuk masa depan yang lebih gemilang. Ayo ke TPS,” ajaknya.

Bacaan Lainnya

Untuk 12 hal baru di TPS, terangnya, antara lain pemilih wajib memakai masker, menjaga jarak minimal 1 meter, dan KPU menyediakan tempat cuci tangan sebelum dan sesudah mencoblos. Pemilih juga akan diperiksa suhu tubuh sebelum masuk TPS, dan penyelenggara juga wajib melakukan disinfeksi rutin sebelum pencoblosan dimulai.

Hal baru lainnya yakni KPPS menyediakan bilik khusus bagi pemilih yang suhu tubuhnya di atas rata-rata normal. “Pemilih akan diberikan sarung tangan plastik oleh KPPS untuk dipakai mencoblos. Sebagai tanda sudah menggunakan hak pilih, pemilih diberi tinta dengan cara ditetes, bukan lagi dicelup,” terangnya.  

Baca juga :  Pasien Sembuh Covid-19 di Bali Melonjak 92 Orang, Kasus Positif Bertambah 53

Tidak cukup membatasi pemilih maksimal 500 orang di tiap TPS, Krisna menyebut petugas KPPS dilengkapi alat pelindung diri (APD) mulai dari masker, sarung tangan, hingga pelindung wajah. Menghindari antrean menumpuk di TPS, ulasnya, jadwal kedatangan pemilih diatur dengan pemberitahuan. Penyelenggara juga akan selalu mengingatkan jangan berkerumun dan menghindari kontak fisik selama di TPS. 

“Itu 12 hal baru yang diterapkan saat pencoblosan nanti untuk dapat meminimalisir penyebaran dan penularan Corona, serta membuat pemilih tetap merasa aman. Bagi yang sudah masuk daftar pemilih tetap, ayo ke TPS kita nyoblos,” ajaknya. 017

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.