Akhirnya, Stimulus Pedagang Pasar Blahbatuh Cair

  • Whatsapp
BUPATI Gianyar, Made Mahayastra, menyerahkan bantuan stimulus kepada pedagang Pasar Blahbatuh. Foto: adi
BUPATI Gianyar, Made Mahayastra, menyerahkan bantuan stimulus kepada pedagang Pasar Blahbatuh. Foto: adi

GIANYAR – Sesuai janji Bupati Gianyar, Made Mahayastra, bantuan untuk pedagang Pasar Blahbatuh yang kena musibah kebakaran akhirnya dapat dicairkan. Penyaluran stimulus tersebut dilangsungkan di halaman belakang kantor Bupati Gianyar, Kamis (12/8/2021). Pemberian stimulus secara simbolis oleh Bupati Mahayastra itu, turut dihadiri Kapolres Gianyar, AKBP I Made Bayu Sutha Sartana; Sekda I Made Gede Wisnu Wijaya, Ketua TP PKK, Surya Adnyani Mahayastra, Kejari Gianyar, dan Kadisperindag Gianyar, Luh Gede Eka Suary.

Kepala BPBD Gianyar, Ida Bagus Suamba, sebelum menyerahkan bantuan menyebutkan, bantuan uang itu ditransfer ke rekening masing-masing penerima. Pemilik toko menerima Rp3 juta, kios/los Rp2 juta, dan pelataran Rp750 ribu. Dari total 411 pedagang, sebutnya, terdapat 563 tempat yakni 22 toko, 243 kios/los, dan 298 pelataran. Total dana yang disiapkan sebesar Rp875,5 juta dengan bersumber dari APBD Gianyar tahun 2021. “Antara jumlah pedagang dan jumlah tempat itu tidak sama, karena ada satu pedagang memiliki lebih dari satu kios,” jelasnya. 

Bacaan Lainnya

Dalam rinciannya, pengajuan bantuan tersebut juga disalurkan kepada pemilik rumah di samping pasar yang turut menjadi korban, yakni perorangan senilai Rp100 juta. Sebab, yang terbakar rumah dan merajan (tempat suci).

Baca juga :  Surat Suara Pilkada Tabanan Kurang Dua Boks, KPPS Megati Dites Cepat Corona

Bupati Mahayastra menyampaikan, bantuan stimulus itu sebagai bentuk perhatian Pemkab Gianyar kepada para pedagang yang terkena musibah. Dia berharap pedagang dapat segera bangkit dan melanjutkan usahanya. “Dalam kondisi yang mendadak seperti ini, kita harus mampu bergerak cepat meski dalam keterbatasan. Semua atas kerjasama semua pihak, Pemkab Gianyar, aparat kepolisian dan TNI, bendesa, perbekel, dan Puri Blahbatuh, terima kasih,” ucapnya.

Sebagai catatan, Pasar Blahbatuh mengalami kebakaran pada 15 Juni 2021. Musibah tersebut menghancurkan seluruh bangunan pasar dan kios pedagang. Saat ini para pedagang berjualan di sebelah barat Pasar Yadnya Blahbatuh, di depan Puri Blahbatuh, dan di sekitarnya. Tempat relokasi disiapkan bersebelahan dengan Pasar Yadnya Blahbatuh, saat ini sedang tahap pengerjaan, dan dalam waktu dekat semua pedagang akan direlokasi. adi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.