8,31 Persen Sekolah di Karangasem Rusak Berat

  • Whatsapp
SALAH satu bangunan sekolah dasar yang rusak di kawasan Bunutan, Kecamatan Abang, Karangasem. Tercatat 8,31 persen bangunan sekolah dasar di Karangasem rusak berat. foto: nad

KARANGASEM – Kabupaten Karangasem, Bali masih memiliki beberapa gedung sekolah dasar yang kondisinya rusak, bahkan ada beberapa sekolah yang kerusakannya tergolong berat.

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem, I Gusti Ngurah Kartika, memaparkan, dari ratusan sekolah dasar di Karangasem, 8,31 persen gedung sekolahnya mengalami kerusakan berat.

Bacaan Lainnya

Sementara yang mengalami kerusakan “sedang” ada 16,89 persen, yang tersebar di seluruh kecamatan yang ada. “Yang paling banyak terdapat di Kecamatan Selat, Kubu, Bebandem, Abang, dan Rendang,” ungkapnya, Selasa (30/3/2021).

Kartika melanjutkan, untuk kerusakannya juga bervariatif. Ada yang atapnya bocor, temboknya retak, plafonnya jebol dan ada juga yang bangunannya keropos karena dimakan usia.

Mengenai rencana perbaikan gedung sekolah yang rusak tersebut, Kartika mengaku masih menunggu anggaran dari APBD Kabupaten dan bantuan alokasi khusus (DAK) dari pemerintah pusat.

“Perbaikannya akan dilakukan bertahap sesuai dengan kerusakannya. Kami akan prioritaskan sekolah yang mengalami rusak berat terlebih dahulu untuk diperbaiki,” jelasnya menandaskan. nad

Baca juga :  Jelang Pendaftaran, Paslon Pilkada Jangan Sampai Terjangkit Corona

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.