114 Siswa SD se-Denpasar Utara Ikuti Seleksi KSN

  • Whatsapp
KETUA K3S Kecamatan Denpasar Utara, Wayan Cana Ardika, memantau pelaksanaan seleksi KSN secara daring, Jumat (5/2/2021). Foto: tra
KETUA K3S Kecamatan Denpasar Utara, Wayan Cana Ardika, memantau pelaksanaan seleksi KSN secara daring, Jumat (5/2/2021). Foto: tra

DENPASAR – Kompetisi Sains Nasional (KSN) atau sebelumnya dikenal dengan nama Olimpiade Sains Nasional (OSN) adalah ajang kompetisi dalam bidang sains bagi para siswa SD, SMP, dan SMA di seluruh Indonesia. Untuk siswa SD, ada dua bidang studi yang dilombakan yatu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Matematika.

Mekanisme KSN dilaksanakan melalui seleksi berjenjang. Mulai dari tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan nasional. Kompetisi sains ini memiliki tingkat prestisius di kalangan siswa. Sepertinya seleksi KSN jenjang SD tingkat kecamatan yang diselenggarakan Kecamatan Denpasar Utara, Bali, Jumat (5/2/2021).

Bacaan Lainnya

Seleksi KSN yang diselenggarakan secara daring itu diikuti 114 siswa SD se-Denpasar Utara. Terdiri dari 57 siswa peserta bidang studi Matematika dan 57 siswa peserta bidang studi IPA.

Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Denpasar Utara, I Wayan Cana Ardika, S.Pd., mengutarakan, seleksi KSN melalui daring tingkat kecamatan kali ini merupakan tantangan guna mendorong anak-anak, khususnya Kecamatan Denpasar Utara tetap berprestasi dari rumah, menolak untuk menyerah, menjaga semangat berlomba namun tetap mengutamakan kesehatan dan perlindungan dari bahaya pandemi Covid-19.

Wahana Kompetisi dalam bidang Matematika dan IPA bagi siswa SD ini untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang sains yang berazaskan pendidikan karakter meliputi religiusitas, integritas, nasionalisme, kemandirian dan gotong royong.

Baca juga :  UNBK SMK Ditunda, Siswa Akhirnya Dirumahkan

‘’Selain itu, kegiatan ini sebagai bagian dari upaya komperhensip dalam menumbuh kembangkan budaya belajar, kreativitas dan motivasi berprestasi,’’ ulas Wayan Cana Ardika; didampingi Sekretaris Drs. Cokorda Putra Wisnu Wardana, M.Si., dan Wakil Ketua Drs. Ida Bagus Wibawa.

Lebih lanjut Wayan Cana berkata, soal yang dikerjakan para peserta seleksi KSN tingkat kecamatan ini mengacu pada soal yang berlaku secara nasional yaitu model soal pilihan ganda, isian dan uraian. Untuk bidang studi IPA terdiri dari 70 soal pilihan ganda dan 10 soal uraian. Sementara bidang studi Matematika terdiri dari 20 soal isian (jawaban hasil) dan 10 soal uraian. ‘’Untuk mengerjakan dua bidang studi itu, tiap peserta seleksi KSN diberi waktu 90 menit,’’ sebutnya.

Ranking 1 dari hasil dari seleksi tingkat kecamatan ini, sebut Wayan Cana, akan mewakili Kecamatan Denpasar Utara untuk mengikuti seleksi di tingkat Kota Denpasar. Wayan Cana yang juga Kepala SDN 1 Ubung ini mengatakan, pada KSN jenjang SD tingkat nasional tahun lalu, siswa SDN 5 Peguyangan, I Gusti Agung Ardi Surya Dinata sukses meraih medali perak bidang IPA. ‘’Semoga pada KSN tahun ini, ada siswa kami di Kecamatan Denpasar Utara yang tembus dan berprestasi di KSN tingkat nasional,’’ pungkasnya. tra

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.