Wabup Artha Dipa Sambut Asobsi Kelola Sampah di Karangasem

WABUP Artha Dipa saat menerima audiensi Asobsi dipimpin Sekjen Ni Wayan Riawati bersama rombongan, dengan didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karangasem, I Nyoman Tari, di Ruang Rapat Wakil Bupati Karangasem, Jumat (8/4/2022). Foto: ist

KARANGASEM – Wakil Bupati (Wabup) Karangasem, I Wayan Artha Dipa, mengapresiasi rencana program pengelolaan sampah di Karangasem oleh Asosiasi Bank Sampah Indonesia (Asobsi). Terlebih ada rencana menjadikan Karangasem sebagai daerah percontohan Bali Recycle Centerguna menciptakan lingkungan pengelolaan sampah terpadu.

Hal itu disampaikan Artha Dipa saat menerima audiensi Asobsi dipimpin Sekjen Ni Wayan Riawati bersama rombongan, dengan didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karangasem, I Nyoman Tari, di Ruang Rapat Wakil Bupati Karangasem, Jumat (8/4/2022).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, keinginan Asobsi sesuai dengan agenda dan program yang dilaksanakan Pemkab Karangasem untuk pengolahan sampah secara modern. Jadi, tidak hanya memindahkan sampah ke tempat pembuangan akhir, tapi juga bisa diolah dan dimanfaatkan sebagai pupuk serta pakan ternak bernilai ekonomi tinggi.

“Saya sangat apresiasi kehadiran serta keinginan Asobsi untuk melaksanakan program pengolahan sampah di Karangasem. Permasalahan sampah memang tidak bisa hanya diteorikan saja, harus ada praktik nyatanya, sehingga dapat ditanggulangi dengan baik,” ajaknya.

Dengan sinergi bersama Asobsi, dia berharap persoalan pengolahan sampah di Karangasem bisa semakin baik. Baik dari tingkat perumahan kota hingga ke tingkat desa, sehingga selain bisa membuat lingkungan bersih dan sehat, juga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga :  Pimpin Apel HUT ke-75 RI, Rai Mantra Ajak Tingkatkan Kreativitas Untuk Indonesia Maju

Sebelumnya, Riawati dalam pemaparannya menyatakan kesiapan membantu Pemkab Karangasem dalam pengelolaan sampah. Hal itu sukses dilakukan di berbagai daerah lainnya. Setiap kabupaten, terangnya, harus memiliki lembaga pengolahan sampah yang baik. Sebab, sangat banyak manfaatnya dan bisa menambah penghasilan.

“Kami dari asosiasi siap membantu Pemkab Karangasem. Kami bahkan menyewa lahan di lingkungan Jeruk Manis seluas 50 are sebagai lokasi percontohan program yang akan kami laksanakan di Karangasem. Kami siap menjadikan Karangasem sebagai salah satu wilayah Bali Recycle Center,” janjinya.

Dengan keberadaan Recycle Center, Ria berharap dapat memberi kemudahan bagi masyarakat yang masih kebingungan mengelola sampahnya. Dengan begitu, permasalahan sampah, khususnya di Karangasem, ditarget bisa diatasi. nad

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.