Usaha Terverifikasi Tetap Diawasi, Ini Penegasan Kasatpol PP Badung

  • Whatsapp
Foto: net
Foto: net

MANGUPURA – Puluhan usaha di wilayah Kabupaten Badung  telah dinyatakan lolos verifikasi yang dilakukan Tim Verifikasi Kesiapan Tata Kelola Pariwisata Kabupaten Badung. Kendati sudah mendapatkan sertifikasi, usaha tersebut diminta untuk senantiasa taat menerapkan protokol kesehatan dalam menjalankan operasionalnya.

“Kepemilikan sertifikat lolos verifikasi bukanlah jaminan untuk kemudian tidak diawasi oleh petugas. Jadi ini akan diawasi di lapangan, sebab bisa saja usaha terverifikasi itu kemudian tidak melanjutkan komitmennya dalam disiplin pelaksanaan protokol kesehatan,” ujar Kasatpol PP Kabupaten Badung, IGAK Suryanegara, Jumat (4/9).

Bacaan Lainnya

Lanjut dia, dalam Perbup 52/2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 Dalam Tatanan Kehidupan Era Baru, memang tidak ada pasal yang menegaskan sertifikat verifikasi tersebut merupakan sebuah syarat wajib. “Meski demikian, kami harap semua usaha di Badung bisa terverifikasi. Karena itu juga sebagai modal promosi pariwisata kepada dunia internasional,” imbaunya.

Disisi lain, ia berharap agar instansi terkait yang melakukan verifikasi bisa ikut melakukan pengawasan secara berkesinambungan. Sehingga usaha-usaha yang sudah mengantongi sertifikat, bisa secara berkelanjutan tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan.

Baca juga :  Humas Protokol Denpasar Giatkan Jumpa Berlian di Pantai Padanggalak

Sementara Kepala Bidang Industri Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Badung, Ngakan Putu Tri Ariawan, menerangkan, verifikasi merupakan sebuah keharusan bagi setiap usaha, walaupun yang bersangkutan telah melakukan assessment mandiri. Sebelum mendapatkan sertifikat verifikasi, maka usaha terkait dinilai belumvsah mendapatkan pengakuan dari pemerintah daerah, terkait kesiapan dalam menyongsong budaya kehidupan era baru.

“Tim verifikasi ini melibatkan orang-orang asesor dan auditor dari LSU dan LSP. Jadi walaupun usaha bersangkutan bilang sudah siap secara mandiri, tapi belum mendapat sertifikat, maka belum bisa dikatakan lolos verifikasi. Karena tim verifikasi-lah yang menentukan lolos atau tidaknya,” terang Sekretaris Tim Verifikasi Kabupaten Badung ini. 023

TIM Verifikasi Kesiapan Tata Kelola Pariwisata Kabupaten Badung, minta usaha yang sudah terverifikasi di Badung taat menerapkan protokol kesehatan dalam menjalankan operasionalnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.