Tingkatkan Pemahaman Keselamatan Jalan, Pelajar Badung Ikuti LCC PNKJ

  • Whatsapp
PELAJAR Badung saat mengikuti LCC PNKJ tingkat pelajar se-Bali 2020 secara virtual, Rabu (21/10/2020) di Kantor Dishub Puspem Badung. foto: ist

MANGUPURA – Pelajar di Kabupaten Badung mengikuti Lomba Cerdas Cermat Pekan Nasional Keselamatan Jalan (LCC-PNKJ) tingkat pelajar se-Bali 2020, Rabu (21/10/2020). Peserta lomba difasilitasi Dinas Perhubungan (Dishub) Badung itu diikuti pelajar tingkat SD, SMP dan SMA secara virtual meeting melalui aplikasi zoom dari Kantor Dishub.

Kegiatan yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XII-Provinsi Bali dan NTB itu bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan keselamatan jalan.

Bacaan Lainnya

Menurut Kadis Perhubungan Badung, AA Ngr. Rai Yuda Dharma, kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari PNKJ tingkat Nasional yang digelar Kementerian Perhubungan RI.

Tujuan dilaksanakan lomba ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai keselamatan jalan dan mendukung program 5 (lima) pilar keselamatan jalan. “Lomba ini diharapkan dapat lebih menyosialisasikan mengenai keselamatan jalan melalui PNKJ ini,” katanya.

Adapun perwakilan peserta, dari SDN 1 Tibubeneng, SMPN 2 Kuta Utara dan tingkat SMA/SMK diwakili SMAN 1 Kuta Utara. Peserta lomba akan melalui tiga tahapan lomba yakni lomba yel-yel, menjawab objektif dan essay.

Dijelaskan, keselamatan jalan merupakan suatu program untuk menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dan seluruh akibatnya, karena kecelakaan mengakibatkan pemiskinan terhadap keluarga korban kecelakaan. “Keselamatan jalan tidak mungkin terwujud bila tidak diawali saat ini, dari diri kita sendiri, keluarga, masyarakat serta lingkungan hingga akhirnya menjadi budaya masyarakat,” tambahnya.

Baca juga :  Webinar dengan KPK RI, Rai Mantra Siap Sinergikan Program Dukung ANPK

Sementara, Kadisdikpora Badung, I Ketut Widia Astika, menyambut baik lomba cerdas cermat PNKJ tingkat pelajar ini. Karena akan dapat mengedukasi, memberikan pemahaman, pengetahuan kepada pelajar terkait dengan keselamatan lalu lintas.

“Melalui lomba ini tentu mereka akan termotivasi untuk belajar dan menjadi awal yang baik bagi ketertiban kita semua dalam memanfaatkan jalan untuk berlalu lintas khususnya di Badung dan Bali,” jelasnya, seraya berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut sehingga menambah pemahaman bagi pelajar, begitu pula guru pembina untuk menjadi modal yang dapat diteruskan kepada pelajar yang lain maupun masyarakat. 020

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.