Tahun Ini, Tiga Jembatan di Tiga Desa bakal Dibangun

  • Whatsapp
JEMBATAN di wilayah Desa Sari Mekar, salah satu jembatan yang bakal dibangun oleh Dinas PUTR Buleleng menggunakan anggaran DAK tahun 2021. foto: rik

BULELENG – Tahun 2021, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Buleleng, Bali akan mendapatkan dana Rp17 miliar bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang digelontorkan pemerintah pusat. Dana sebesar ini digunakan untuk membangun tiga jembatan yang ada di Buleleng.

Ketiga jembatan itu yakni jembatan di Desa Bungkulan, Kecamatan Sawan; jembatan di Desa Sari Mekar, Kecamatan Buleleng; dan jembatan di Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada. Ketiga jembatan tersebut merupakan akses vital bagi warga untuk melakukan aktivitasnya sehari-hari.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas PUTR Buleleng, Putu Adiptha Ekaputra, Kamis (14/1/2021), mengatakan, anggaran pembangunan atau perbaikan ketiga jembatan itu bervariasi. Untuk pembangunan jembatan penghubung Desa Wanagiri ke Desa Gitgit menyerap anggaran sekitar Rp6 miliar. Kemudian, jembatan di Desa Bungkulan memerlukan anggaran sekitar Rp3 miliar.

‘’Jembatan di Desa Bungkulan ini, beberapa tahun sebelumnya putus karena diterjang banjir bandang. Jadi untuk sementara warga masih menggunakan jembatan darurat,’’ kata Adiptha Ekaputra.

Sedangkan jembatan di Desa Sari Mekar akan menyerap anggaran sekitar Rp8 miliar. Jembatan di desa Sari Mekar akan dibangun dengan konstruksi modern karena saat ini konstruksinya masih lama. Posisi konstruksi jembatan akan ditingkatkan sekitar 3 sampai 4 meter dan bentang jembatannya mencapai 40 meter.

Baca juga :  Pembuat Akta Cerai Palsu Terbongkar, Pelakunya Oknum THL Disdukcapil Gianyar

Selain pembangunan tiga jembatan, tahun ini Dinas PUTR Buleleng juga akan melakukan perbaikan di lima ruas jalan yang rusak. Yakni jalan yang menuju kawasan Pelabuhan Celukan Bawang, jalan di Desa Tigawasa-Uma Sendi, jalan di kawasan Tamblingan serta Lebah Siung Pancoran, dan Jalan Pulau Komodo, Kecamatan Buleleng.

Menurut Adiptha Ekaputra, perbaikan infrastruktur dasar jalan dan jembatan menjadi prioritas. Proses pembangunan diperkirakan dimulai Maret nanti. “Tahun lalu DAK yang kami alokasikan untuk pembangunan jembatan dan jalan kena refocusing. Tahun ini kembali kami programkan untuk bisa diakomodasi,” pungkasnya. rik

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.