Rumah Sakit PTN Universitas Udayana Khusus Covid-19 Siapkan Uji Sampel PCR

  • Whatsapp
ILUSTRASI - Sejumlah petugas medis saat beraktivitas di Rumah Sakit Perguruan Tinggi Negeri Universitas Udayana, Jimbaran, Badung, Bali. foto: antaranews

MANGUPURA – Sebagai rumah sakit khusus penanganan Covid-19 di Provinsi Bali, Rumah Sakit (RS) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Universitas Udayana (Unud) yang terletak di wilayah Jimbaran, Kabupaten Badung, Bali, kini menyiapkan pengujian sampel di laboratorium menggunakan metode polymerase chain reaction (PCR).

“Alat PCR sekarang sudah selesai disetting. Rencananya akan diresmikan Rabu (6/5/2020). Setelah itu langsung kami bisa terima swab dan mulai melakukan pemeriksaan sampel swab,” ujar Direktur RS Unud, Dr. dr Dewa Putu Gede Purwa Samatra, Selasa (5/5/2020).

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan, alat PCR tersebut memiliki kapasitas melakukan pengujian hingga 300 sampel swab per hari. Untuk pelaksanaan awal, menurutnya kemungkinan akan dilakukan pengujian sebanyak 90 sampel untuk per alat. “Kami kan punya dua alat PCR jadi 180. Kalau di maksimalkan sampai sore ya bisa 360,” ungkap Dewa Putu Gede Purwa.

Ia menjelaskan, pihaknya juga telah menyiapkan SDM untuk mengoperasikan alat PCR itu. Nantinya, pihaknya juga dapat melakukan pemeriksaan sampel swab dari pasien di luar pasien RS Universitas Udayana.

“Rabu (6/5) diresmikan dulu, sekarang uji coba dan pengujiannya harus kami cocokkan terlebih dahulu dengan PCR yang ada di RSUP Sanglah. Kalau sudah oke, kira-kira hari Kamis atau Jumat bisa kami berjalan sendiri,” kata Dewa Putu Gede Purwa, seperti dilansir dari antaranews.

Terkait dengan pasien yang dirawat di rumah sakit itu, Dewa Putu Gede Purwa menjelaskan bahwa saat ini trennya mulai tercatat menurun dibandingkan beberapa waktu yang lalu.

Baca juga :  Amerta Lengkapi Berkas Persyaratan Paslon

“Pada hari-hari pertama kami beroperasi pasien di atas 50 orang. Sekarang mulai menurun, minggu kemarin sekitar 40 orang pasien dan saat ini ada 34 orang, 31 pasien positif dan tiga orang PDP. Pasien yang baru masuk juga tidak banyak, kemarin kami catat dua orang. Tren penurunan mulai sekitar dua hari yang lalu,” ungkapnya. yes

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.