Ridwan Kamil Buka LLB PHDI Jabar, Janji Bangun Dua Pura Lagi

RIDWAN Kamil (empat kiri) saat bersama Panitia LLB PHDI Jawa Barat. Dia berjanji membangun dua pura lagi di wilayah Jawa Barat untuk umat Hindu. Foto: Ist
RIDWAN Kamil (empat kiri) saat bersama Panitia LLB PHDI Jawa Barat. Dia berjanji membangun dua pura lagi di wilayah Jawa Barat untuk umat Hindu. Foto: Ist

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, membuka  Lokasabha Luar Biasa (LLB) Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Jawa Barat di Hotel Travello, Bandung, Sabtu (12/3/2022). Ridwan berkata Lokasabha merupakan kegiatan yang wajib didukung pemerintah, karena representasi dari umat Hindu di Jawa Barat yang jumlahnya mencapai 43 ribu jiwa.

Pada kesempatan itu, Ridwan berjanji membangun dua pura lagi, satu di Kabupaten/Kota Bekasi, dan satu lagi di wilayah Jatinangor, Kabupaten Sumedang. “Dengan penambahan dua pura ini, berarti jumlah pura sebagaimana laporan yang saya terima semuanya mencapai 30,” ucapnya di hadapan 70 orang peserta dan peninjau LLB.

Bacaan Lainnya

Ridwan mengapresiasi kerja keras dan kerja cepat Panitia LLB yang sangat efektif. Dia siap mengayomi Ketua terpilih yang akan menjadi mitra kerja Pemprov Jabar. Tekad itu dibuktikan dengan membantu pendanaan pelaksanaan LLB.

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu juga mengajak umat Hindu di Jawa Barat, melalui LLB, untuk terus-menerus memberi narasi yang memperkuat persaudaraan dan persahabatan. Pula sebaliknya, terus melakukan pelurusan terhadap narasi yang bernada memecah-belah. Pengurus yang baru juga diajak untuk selalu mendasarkan tindaan pada sila kelima Pancasila.

Baca juga :  Tercepat, DPRD dan Bupati Gianyar Bahas KUA-PPAS Perubahan 2020 dan KUA-PPAS 2021

“Saya mengharap banyak kepada teman-teman PHDI untuk selalu tampil membawa air, dengan maksud menyejukkan umatnya. Bukan membawa minyak-bensin yang mudah sekali menyulut kebakaran gara-gara adanya perbedaan,” pintanya.

Perbedaan, jelasnya, dapat mempersatukan atau malah memecah belah. Dicontohkannya dalam kehidupan rumah tangga yang sangat perlu memperbanyak pandangan yang pertama, yakni mempersatukan sebagaimana tujuan awal menikah. Jika sering bertengkar dan sibuk dengan urusan sendiri-sendiri, keutuhan rumah tangga dan keluarga juga terancam bubar.

“Saya berharap pimpinan PHDI untuk menjadi teladan, dan bersama-sama mengusung program Pemprov Jawa Barat mewujudkan masyarakat aman-sejahtera berdasarkan kandungan nilai-nilai Pancasila. Mudah-mudahan ini tercapai di tahun 2045 mendatang,”ajaknya disambut aplauas peserta LLB.

Untuk menuju ke arah sejahtera, dia berujar merilis program Kredit Mesra, program bantuan pendanaan kepada tenaga pelayanan umat, khususnya yang mengurus rumah-rumah ibadah, termasuk pura. Di tengah pandemi Covid-19, pihaknya menggulirkan hal-hal tindakan konkret “Beli Bali”, yakni ketika perekonomian Bali mengalami keterpurukan maka Pemprov Jawa Barat mendorong warga Jawa Barat dan pelaku usaha untuk membeli sebanyak mungkin produk lokal hasil UMKM Bali. “Sehingga akan berdampak memberi kegairahan kepada pelaku usaha lokal di Bali,” urainya.

Sekretaris Panitia LLB, I Ketut Wiguna, melaporkan, delegasi yang menghadiri LLB PHDI tahun 2022 ini sebanyak 12 PHDI kabupaten/kota seluruh Jawa Barat. Setelah pembukaan, terangnya, LLB dilanjutkan dengan sidang-sidang yang dimulai dari sidang paripurna I sampai VI secara maraton. Meski LLB ini penuh dinamika, dia menilai tetap penuh keakraban dan teduh. Hal itu juga sesuai dengan arahan Gubernur Ridwan Kamil.

Baca juga :  Ini Rekomendasi BNPB dalam Menghadapi Fenomena La Nina

Sebagai hasil sidang paripurna IV, muncul calon Ketua I Made Riawan, pensiunan Brigjen TNI, yang akhirnya terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Pengurus Harian PHDI Jawa Barat 2022-2024. “Dengan lancarnya pelaksanaan LLB PHDI Provinsi Jawa Barat, sepatutnya Panitia LLB dan kami, umat Hindu Jawa Barat, menyampaikan rasa terima kasih kepada Gubernur Ridwan Kamil,” sebutnya menandaskan. hen

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.