Positif Covid-19 di Denpasar Bertambah 4 Orang, 4 Pasien juga Sembuh

  • Whatsapp
JURU Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kota Denpasar Dewa Gede Rai. foto: ist.

DENPASAR – Perkembangan kasus Covid-19 di Kota Denpasar cenderung fluktuatif, setelah sebelumnya sempat tiga hari nihil penambahan kasus, hari ini Kota Denpasar kembali mencatat adanya kasus positif Covid-19 baru.

”Yang positif itu, 1 orang warga kota yang berdomisili di Desa Dangin Puri Klod dan 3 orang berdomisili di Kelurahan Peguyangan dinyatakan positif Covid-19,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kota Denpasar Dewa Gede Rai, Kamis (7/5/2020) di Denpasar.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut Dewa Rai menjelaskan, 3 kasus positif covid 19 di Peguyangan adalah kasus transmisi lokal yang menimpa satu keluarga. Dari hasil tracing yang dilakukan tim surveilance Satgas Covid 19 Kota Denpasar diketahui bahwa kasus ini bermula dari kedatangan ayah dan ibunya dari Buleleng pada (26/4) lalu ke Denpasar yang dikhabarkan karena menderita sakit.

Setelah sampai di Denpasar sempat menginap beberapa hari di rumah anaknya di Peguyangan. Selanjutnya sempat memeriksakan kesehatan di sebuah klinik di Denpasar sebelum akhirnya di rawat opname di RS Wangaya. Karena dalam masa pandemi covid, tim medis RS Wangaya melakukan test swab pada (3/5/2020) dan hasilnya positif.

Karena ayahnya dinyatakan positif, tim satgas selanjutnya kembali melakukan tracing kepada istri, anak dan menantunya dilakukan test swab pada (6/5/2020) selanjutnya pada (7/5/2020) hasil tes swab keluar dan ketiganya dinyatakan positif. Untuk menghindari penularan lagi ketiga warga ini dirujuk ke RS Wangaya untuk menjalani perawatan.

Baca juga :  Medical Tourism, Berobat Sambil Berwisata -RSBM Layani Edukasi Program Bayi Tabung

Sementara untuk kasus di Desa Dangin Puri Kelod ini kata Dewa Rai, merupakan imported case dari daerah terjangkit yakni dari Kota Manado. Dari hasil tracing diketahui warga yang terjangkit ini adalah seorang pria umur 38 tahun yang berkerja di sebuah BUMN di Denpasar.

Warga ini datang ke Denpasar pada (10/4) lalu dalam rangka tugas di Bali, kemudian tanggal (4/5/2020) muncul gejala demam dan dibawa di RSUP Sanglah kemudiaan (6/5/2020) diambil spesimen dan tanggal (7/5/2020) keluar hasil swab dan dinyatakan positif.

Melihat kedua kasus ini, Dewa Rai mengingatkan agar masyarakat lebih disiplin lagi. “Penularan virus corona masih terjadi, saya mengharapkan agar masyarakat tetap berhati hati dalam menerima siapapun termasuk keluarga sekalipun. Dalam masa pandemi covid 19 protokol kesehatan harus diterapkan,” kata Dewa Rai.

Dengan alasan ini pula, makanya Walikota Denpasar sejak dulu sudah mengimbau dan mengeluarkan instruksi untuk melakukan pengawasan dan pengetatan wilayah agar penularan kasus baru dapat dicegah karena semua daerah di Bali dan di Indonesia sudah terjangkit.

“Mari kita bersama sama ikut berperan serta dalam pencegahan covid 19, untuk sementara tunda dulu perjalanan, demikian juga warga yang masuk ke Denpasar, juga harus diawasi dengan ketat. Inilah perlunya dukungan serta partisipasi semua pihak untuk memutus rantai covid 19,” ucap Dewa Rai.

Baca juga :  Cegah Covid-19, Warga Melintas di Kawasan Renon Wajib Gunakan Masker

Disisi lain khabar baik juga berhembus, jumlah pasien virus corona atau Covid-19 yang dinyatakan sembuh di Denpasar juga terus bertambah. Jumlahnya pun sama dengan yang positif Covid-19 per Kamis (7/5/2020), yakni 4 orang yang masing-masing berasal dari Desa Dangin Puri Klod, Desa Ubung Kaja, Kelurahan Sesetan dan Kelurahan Renon.

Dengan melihat perkembangan diatas, maka total sampai saat ini sudah 38 orang pasien positif telah dinyatakan sembuh di Kota Denpasar setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit. Sedangkan yang terkonfirmasi positif Covid-19 secara akumulatif sebanyak 62 orang. Rincianya 38 sembuh, 2 orang meninggal dunia, dan 22 orang masih dalam perawatan.

Menurutnya tingkat kesembuhan pasien positif covid 19 terus meningkat. “Ini memberikan kabar menyejukkan dan memberikan rasa semangat serta optimisme kepada pasien yang masih di rawat di Rumah Sakit. Mudah-mudahan kedepan pasien yang sembuh terus meningkat, sehingga kasus pandemi covid 19 bisa terus ditekan,” kata Dewa Rai.

Namun demikian, angka penambahan kasus positif juga masih terus bergerak naik. Sehingga masyarakat harus lebih waspada dan mengikuti arahan pemerintah. Serta membiasakan diri menerapkan PHBS, Cuci Tangan Pakai Sabun di air mengalir, serta selalu menggunakan masker.

Dewa Rai juga mengingatkan masyarakat agar tetap disiplin dan waspada, menerapkan porotokol kesehatan, jangan sampai lengah, karena virus corona masih ada ditengah tengah masyarakat. ”Tetapi dengan kesadaran dan kedisplinan semua pihak, saya yakin pandemi covid 19 bisa segera berakhir. Kuncinya adalah disiplin, jujur, solidaritas dan gotong royong,” kata Dewa Rai. yes

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.