Polsek Gianyar Canangkan Desa Tangguh Dewata, Dukung Ketahanan Pangan

  • Whatsapp
PERSIAPAN pencanangan Desa Tangguh Dewata di Desa Sidan, Gianyar. Foto: adi
PERSIAPAN pencanangan Desa Tangguh Dewata di Desa Sidan, Gianyar. Foto: adi

GIANYAR – Polsek Gianyar bersama Desa Sidan mencanangkan Desa Tangguh Dewata untuk mendukung ketahanan pangan nasional, Sabtu (12/12/2020). Kegiatan tersebut dihadiri Kapolsek Gianyar, Kompol I Gusti Ngurah Yudistira, Kasatpolair Polres Gianyar, Iptu Antariksawan, dan Perbekel Desa Sidan, I Made Sukra Suyasa serta perangkat desa.

Kapolsek mengatakan, Desa Tangguh Dewata merupakan konsep desa mandiri, yang masyarakatnya mampu menggunakan sumber daya alam dan manusia yang dimilikinya untuk digunakan mendukung ketahanan pangan nasional. “Situasi pandemi Covid-19 saat ini merupakan bencana global yang merusak tatanan perekonomian dunia, tentu imbasnya hingga ke desa. Desa Tangguh Dewata merupakan sebuah konsep membangun kesadaran tentang ketahanan pangan nasional,” jelas Kapolsek.

Bacaan Lainnya

Desa Sidan sengaja dipilih, jelasnya, karena ditunjang dengan sumber daya alam perdesaan di bidang perikanan dan pertanian. Desa Sidan juga mencanangkan program sebagai desa wisata. Di samping pembudidayaan perikanan air tawar, Desa Sidan juga punya potensi sebagai daerah penghasil padi. “Penataan saluran irigasi di wilayah Desa Sidan dalam pembangunan kolam budidaya air tawar akan dijadikan jalur tracking untuk pengembangan desa wisata,” ungkapnya.

Baca juga :  Bahagiakan Warga Mataram, Salam Fokus Bangun Pondasi Ketahanan Keluarga

Kapolsek berharap pembudidayaan ini sukses dan berkembang dengan sistem pengelolaan yang baik, begitu juga dengan hasil panen padinya. “Ini akan menjadi penopang ekonomi saat situasi pandemi yang belum diketahui kapan berakhir,” harapnya. adi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.