Pemkab Klungkung Percepat Pembangunan SPAM di Nusa Penida

  • Whatsapp
BUPATI Suwirta melakukan penandatanganan nota kesepakatan Optimalisasi Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum Sea Water Reverse Osmosis Nusa Lembongan, Jumat (27/11/2020). Foto: ist
BUPATI Suwirta melakukan penandatanganan nota kesepakatan Optimalisasi Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum Sea Water Reverse Osmosis Nusa Lembongan, Jumat (27/11/2020). Foto: ist

KLUNGKUNG – Pemkab Daerah Klungkung dan Direktorat Air Minum Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan penandatanganan nota kesepakatan Optimalisasi Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Sea Water Reverse Osmosis (SWRO) Nusa Lembongan, Jumat (27/11/2020). Perjanjian kerjasama tersebut untuk menyinergikan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan penyelenggaraan SPAM yang terintegrasi secara efisien dan efektif di Klungkung. Nota kesepakatan itu juga untuk melaksanakan percepatan pembangunan dan pengelolaan pelayanan SPAM di Klungkung.

Direktur Air Minum Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Yudha Mediawan, dalam sambutan yang dibacakan Kasubdit Wilayah III Direktorat Air Minum, Ade Syaiful Rachman, menyampaikan instansinya didukung pemprov akan memfasilitasi kabupaten/kota mencapai pelayanan minimal bagi masyarakat. Ini sesuai peraturan Pemerintah No. 2 Tahun 2018 tentang Standar Pelayanan Minimal.

Bacaan Lainnya

SPAM SWRO Nusa Lembongan, sebutnya, merupakan kegiatan yang memanfaatkan teknologi SWRO yang mengolah air laut menjadi air minum dengan kapasitas 5 liter /det. Manfaatnya akan dirasakan penuh di Pulau Nusa Ceningan dan Pulau Nusa Lembongan, dengan target Jumlah sambungan rumah sebanyak 500 unit.

Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Bali, ulasnya, mendukung penyusunan dokumen perencanaan Detail Engineering Design (DED), serta pelaksanaan konstruksi fisik pada tahun 2021. Hal ini sebagai bentuk komitmen dukungan pemerintah pusat terhadap penyelenggaraan SPAM di Nusa Lembongan.

Baca juga :  Antisipasi Klaster Baru, Ini yang Dilakukan Satpol PP Kota Denpasar

Yudha Mediawan berpesan kepada PDAM Klungkung yang memperoleh status kinerja “sehat”, berdasarkan indikator kinerja BPPSPAM tahun 2019, agar jangan lengah dan meningkatkan kinerja. PDAM diminta menguatkan SDM terutama di bidang pengelolaan SWRO. “Kami harap proses pembangunan optimalisasi SPAM SWRO Nusa Lembongan dapat terlaksana dengan baik,” sebutnya.

Bupati Suwirta dalam sambutannya berharap dengan dikelolanya SWRO oleh Pemkab Klungkung, masyarakat Nusa Penida dapat menikmati pelayanan air minum. Terkait SWRO di Nusa Lembongan, dia beserta jajaran akan melakukan langkah-langkah pengoptimalan SWRO agar masyarakat Nusa lembongan dan Ceningan dapat memperoleh layanan air minum. baw

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.