Pemkab Karangasem Terima Plakat Penghargaan Kemenkeu, Opini WTP Lima Kali Berturut-turut

  • Whatsapp
TRI Budianto bersama Ketut Sedana Merta, usai penyerahan plakat penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI setelah Pemkab Karangasem menerima Opini WTP lima kali berturut-turut atas LKPD, Kamis (19/11/2020). Foto: ist
TRI Budianto bersama Ketut Sedana Merta, usai penyerahan plakat penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI setelah Pemkab Karangasem menerima Opini WTP lima kali berturut-turut atas LKPD, Kamis (19/11/2020). Foto: ist

KARANGASEM – Menerima Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) lima kali berturut-turut atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD), Pemkab Karangasem menerima plakat penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI. Penghargaan diserahkan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (Kakanwil DJPb) Provinsi Bali, Tri Budianto; yang diterima Sekda Karangasem, I Ketut Sedana Merta, secara virtual di wantilan Nawa Satya, Kamis (19/11/2020).

Tri Budianto menyebutkan, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dari Kemenkeu untuk berbagai kementerian dan lembaga, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten/kota yang menyelesaikan laporan keuangan secara akurat, akuntabel dan transparan. Ditandatangani Menteri Keuangan, Sri Mulyani, piagam diberikan kepada pemerintah daerah yang mendapat Opini WTP tahun 2019. “Bagi peraih WTP lima kali secara berturut-turut, berhak mendapat plakat penghargaan seperti yang diterima Kabupaten Karangasem,” ungkapnya.

Bacaan Lainnya

Dia menambahkan, Opini WTP dikeluarkan BPK selaku auditor, sedangkan Menteri Keuangan mempunyai tugas menyusun konsolidasi laporan keuangan pemerintah pusat dan daerah. Semakin banyak institusi atau daerah yang memperoleh predikat WTP, laporan keuangan pusat dan daerah dinilai semakin akuntable. Dengan penghargaan itu, Pemkab Karangasem dinilai mempertahankan capaian kinerja keuangan yang baik atas penyusunan, penyajian, realisasi, dan laporan pertanggungjawaban keuangan.

Baca juga :  Bawaslu Tutup Branding Paslon di Badung

Pjs. Bupati Karangasem, I Wayan Serinah, dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Sedana Merta, mengungkapkan kegembiraannya. Penghargaan ini dinilai membuktikan Pemkab Karangasem mampu mengelola manajemen keuangan negara menurut standar dan persyaratan yang diatur, sesuai dengan regulasi serta perundang-undang yang berlaku.

“Pemerintah Kabupaten Karangasem telah meraih Opini WTP lima kali berturut-turut sejak tahun 2015 sampai 2019. Capaian ini merupakan perjalanan panjang, bukan hanya sekadar mengejar status Opini WTP, melainkan upaya kreatif membangun tata kelola keuangan secara baik,” tegasnya.

Keberhasilan ini, sambungnya, berkat kerja keras seluruh pihak dan OPD terkait, yang menyampaikan LKPD sesuai prosedur, regulasi dan perundang-undangan tentang pengelolaan keuangan negara yang berlaku. “Untuk itu, saya ingatkan penghargaan ini kiranya jangan sampai membuat kita cepat berpuas diri, dan ini terus dapat kita pertahankan,” ajaknya. 017

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.