Pemkab Gianyar Pertahankan Opini WTP 6 Kali Berturut-turut

  • Whatsapp
KAKANWIL Dirjen Perbendaharaan Kanwil DJPb Prov Bali, Tri Budhianto; diterima Bupati Gianyar, I Made Mahayastra, didampingi Ketua DPRD Gianyar, Wayan Tagel Winarta. Foto: adi
BUPATI Gianyar, Made Mahayastra (tengah) menerima penghargaan dari Tri Budhianto. foto: adi

GIANYAR – Tahun ini untuk kali keenam Pemkab Gianyar secara berturut-turut meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten  Gianyar Tahun Anggaran 2019.

Penghargaan dari BPK RI itu diserahkan Kakanwil Dirjen Perbendaharaan Kanwil DJPb Provinsi Bali, Tri Budhianto; yang diterima Bupati Gianyar, I Made Mahayastra; didampingi Ketua DPRD Gianyar, Wayan Tagel Winarta; dan Sekda Gianyar, I Made Gede Wisnu Wijaya, di ruang kerja Bupati, Selasa (17/11/2020).

Bacaan Lainnya

Selain menerima piagam penghargaan, Pemkab Gianyar  juga menerima plakat WTP karena mampu mempertahankan Opini WTP lebih dari lima kali berturut-turut.

Tri Budhianto melayangkan apresiasi kepada Pemkab Gianyar karena berhasil mempertahankan Opini WTP dari BPK selama enam kali berturut-turut. Dia menilai hal itu tentu tidak mudah, karena dari tahun ke tahun tantangan dan kriteria dari WTP itu makin berat. Apalagi sekarang pemeriksaan BPK tidak hanya fokus kepada laporan keuangan, tapi sudah merambah ke kinerja.

“Dari pengamatan kami selama setahun, Gianyar memang paling baik. Kinerja Pemkab Gianyar memang luar biasa. Ini prestasi. Tidak mudah mempertahankan dengan kriteria yang makin bertambah,” puji Tri Budhianto.

Lebih jauh dia menguraikan, Opini WTP memang tidak menjamin tidak ada korupsi. Meski begitu, WTP mencerminkan tata kelola keuangan daerah yang baik sesuai dengan peraturan yang ada. Pada muaranya kondisi itu berdampak terhadap pembangunan di masyarakat.

Baca juga :  Menanti Pemerintah Merilis Perppu Pilkada

Bupati Mahayastra menyatakan syukur atas keberhasilan Pemkab Gianyar mempertahankan Opini WTP atas LKPD dalam enam kali berturut-turut. Hal ini tentu tidak terlepas dari arahan dan pendampingan Kakanwil Dirjen Perbendaharaan Kanwil DJPb Provinsi Bali, sehingga penyaluran dana perimbangan dapat disalurkan tepat waktu serta tepat sasaran. Dia mendaku tidak langsung berpuas diri.

“Tetapi kami harus mampu meningkatkan kinerja, sehingga apa yang dikerjakan harus betul-betul bisa meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, mengurangi kemiskinan, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” terang politisi kalem itu.

Mahayastra juga menyampaikan, saat ini tata kelola keuangan Pemkab Gianyar dikelola secara transparan dan akuntabel. Semua kalangan dapat melihat bagaimana pengelolaan keuangan daerah dengan mengakses portal Pemkab Gianyar. 011

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.