Status Kinerja Pemkab Karangasem Dinilai Sangat Tinggi

  • Whatsapp
SEKDA Karangasem, I Ketut Sedana Merta, didampingi birokrat lainnya menunjukkan sertifikat LPPD dengan predikat yang sangat baik. Foto: nad
SEKDA Karangasem, I Ketut Sedana Merta, didampingi birokrat lainnya menunjukkan sertifikat LPPD dengan predikat yang sangat baik. Foto: nad

KARANGASEM – Hasil evaluasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Pemkab Karangasem untuk tahun 2018 yang dilaksanakan pemerintah pusat tahun 2019, Karangasem mendapat nilai 3,21. Skor ini menyatakan status kinerja yang dimiliki sangat tinggi. Demikian disampaikan Sekda Karangasem, I Ketut Sedana Merta, didampingi Asisten I, Wayan Purna, serta birokrat lainnya, Selasa (17/11/2020).

Sedana Merta menguraikan, LPPD merupakan laporan yang disampaikan pemerintah daerah kepada pemerintah pusat, yang memuat capaian kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah selama satu tahun anggaran. LPPD memuat capaian kinerja pelaksanaan urusan pemerintahan daerah (wajib, pilihan, fungsi penunjang dan pemerintahan umum), terdiri dari Indikator Kinerja Kunci (IKK) yang datanya berasal dari seluruh OPD.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut diungkapkan, IKK ini yang menjadi perhatian dan objek penilaian. LPPD terdiri dari tiga IKK yakni IKK Pengambil Kebijakan, yang menitikberatkan kepada penyediaan regulasi penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pengelolaan keuangan daerah. LPPD secara teknis serupa dengan rapor tentang penilaian kinerja.

Kemudian ada IKK Pelaksana Kebijakan, yang fokus kepada capaian indikator urusan pemerintahan yang dijalankan seperti urusan Pendidikan. Yang dibahas antara lain angka putus sekolah, angka kelulusan per jenjang, dan jumlah masyarakat melek huruf. Di bidang urusan kesehatan meliputi persentase balita stunting, angka kematian ibu, dan persentase pelayanan kesehatan bagi bayi. 

Baca juga :  Prioritaskan Masyarakat, Fraksi Golkar DPRD Bali Tolak Rapid Test

“Hasil evaluasi ditentukan pemerintah pusat, dan LPPD disampaikan ke Kemendagri paling lambat tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir. Setelah disampaikan, LPPD dievaluasi dengan tahapan dievaluasi tim daerah (Provinsi) yang terdiri dari Inspektorat Daerah Provinsi Bali dan BPKP Provinsi Bali, lalu Kementerian Dalam Negeri untuk selanjutnya disampaikan skor dan status kinerja masing-masing daerah,” ulasnya.

Sedana Merta menambahkan, perkembangan capaian LPPD Karangasem tahun 2017 evaluasi tahun 2018 nilainya 2,8956 berada pada status kinerja Tinggi, dan peringkat kabupaten secara nasional ada di posisi 173. Untuk LPPD tahun 2018 evaluasi tahun  2019, jelasnya, nilainya  3,2172 dan berada status kinerja Sangat Tinggi. Hanya, peringkat kabupaten secara nasional belum diumumkan. “LPPD tahun 2019 evaluasinya pada tahun 2020, baru selesai evaluasinya, hasil masih menunggu rilis lebih lanjut,” kata dia mengakhiri. 017

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.