Minim Anggaran, Bangli Pastikan Ikut Pawai PKB

KEPALA Dinas Pariwisata Bangli, Wayan Sugiarta. Foto: ist

BANGLI – Kontingen Bangli dipastikan ikut dalam pawai Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-44 Provinsi Bali tahun 2022. Karena minim anggaran, sementara yang diikuti meliputi Gong Kebyar Dewasa, Wayang Calonarang dan Keputrian serta Barong Mapang.

Kepala Dinas Pariwisata Bangli, Wayan Sugiarta, Selasa (26/4/2022) mengatakan, tidak semua kegiatan PKB akan bisa dilaksanakan lantaran masih dalam suasana pandemi. Kegiatan pawai harus melibatkan orang banyak, yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

Bacaan Lainnya

Meski begitu, surat Dinas Kebudayaan Provinsi Bali yang diterima minta partisipasi kabupaten untuk ikut pawai. “Surat kami terima pertengahan April, dan setelah berkoordinasi dengan Bapak Bupati, dapat dipastikan Bangli ikut dalam pawai,” ujarnya,

Persiapan pawai, sambungnya, hasil rapat memutuskan ada beberapa opsi yang akan dilibatkan dalam pawai. Opsi yang muncul yakni melibatkan desa adat, Yayasan Guru Kula dan sanggar. Tentu dicari yang terbaik untuk bisa ditampilkan dalam mengikuti pawai.

Anggaran untuk PKB, terangnya, diambil dari Bantuan Khusus Keuangan (BKK) Provinsi senilai Rp500 juta untuk menutupi materi Gong Kebyar Anak-anak dan Dewasa serta Wayang Calonarang.

Dana tambahan dari APBD senilai Rp35 juta untuk materi Barong Mapang. Khusus untuk pawai anggaran disediakan Rp75 juta, dan sudah dikoordinasikan dengan BPKAD.

Baca juga :  Denpasar Siapkan 8 Tempat Isolasi Terpusat, 3 Sudah Penuh

PKB tahun ini, imbuhnya, mengambil tema sesuai dengan nilai-nilai filosofis Danu Kerti Huluning Amerta yakni memuliakan air sebagai sumber kehidupan. ”Materi yang ditampilkan tentu harus sesuai dengan tema PKB,” tandasnya. gia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.