Liga 3 Bali: Dua Tim Tuan Rumah Tumbang, Perseden dan Tunas Muda Berjaya

STARTING eleven Perseden Denpasar sebelum kick off kontra Bintang Bali FC, pada laga pembuka Grup A Liga 3 Bali 2022, di Stadion Yoga Perkanti Jimbaran, Kabupaten Badung, Minggu (14/8/2022). foto: dok

MANGUPURA – Laga pembuka Liga 3 Rayon Bali 2022 diwarnai tumbangnya dua tim tuan rumah, Minggu (14/8/2022). Sebelumnya, kompetisi tahunan di wilayah pulau Dewata ini dibuka Ketua Umum Asprov PSSI Bali, Ketut Suardana dengan ditandai tendangan bola jelang kick off antara Bintang Bali FC kontra Perseden Denpasar, di Stadion Yoga Perkanti Jimbaran, Kabupaten Badung.

Sayangnya, Bintang Bali FC selaku tuan rumah Grup A justru dipermalukan Perseden dengan skor 1-3. Nasib sama juga dialami tuan rumah Grup C (Stadion Debes Tabanan –red), Perst Tabanan yang dibantai tamunya Tunas Muda Ubud Gianyar dengan skor lebih telak 0-5.

Bacaan Lainnya

Perst yang ditangani Gede Putu Setia Budi sempat memberi perlawanan sengit di babak pertama, bahkan hanya sempat kebobolan hanya satu gol. Gol dari mantan pemain Perseden junior, Made Valentino Rossi Saputra di menit ke-36 membawa Tunas Muda unggul 1-0 sampai waktu jeda.

Tapi memasuki babak kedua, gawang Perst yang dijaga kiper senior Kadek Oka Ratnawan menjadi bulan-bulanan Wayan Ari Samba dan kawan-kawan. Tunas Muda yang dibesut Pelatih Edy Supri Yono menambah 4 gol kemenangan yang dicetak Nyoman Sugiartha menit 47, Gede Gery Mardiasta menit 55, Gede Surya Apriana menit 70 dan [enalti Made Juli Dwi Mahendra pada menit 73.

Baca juga :  KKP Gelar Gemarikan di Kelurahan Serangan

Meski kalah dengan skor mencolok, Perst yang dimanajeri Agus Sugianto masih berpeluang lolos ke babak enam besar karena masih menyisakan 3 laga lagi. Syaratnya, Kadek Putra Sastrawan dan kawan-kawan harus menyapu bersih tiga laga sisa itu saat bertemu Semarapura United, PSAD Udayana dan Pro Kundalini Denpasar.

Kejutan Perseden
Sementara itu, Perseden yang bermaterikan 100 persen pemain kelahiran 2002 atau usia dibawah 20 tahun tampil ciamik saat meladeni Bintang Bali FC. Tim besutan Made Pasek Alit untuk persiapan menghadapi Porprov Bali 2022, secara mengejutkan menggasak tim tuan rumah dihadapan pendukungnya sendiri.

Laga baru berlangsung 13 menit, Perseden sudah unggul 2-0. Menariknya dua gol Laskar Catur Muka muda terjadi dalam kurun waktu dua menit. Gawang Bintang Bali yang dikawal kiper Kadek Riski Mahendra Aditya, silih berganti dibobol Ega Proyogi di menit ke-12 dan Kadek Priadana menit ke-13.

Bintang Bali sempat menjaga asa setelah penyerangnya Gede Eka Oka Sedana membuat gol balasan di menit ke-25 untuk memperkecil ketinggalan menjadi 1-2. Gol Oka Sedana juga membangkitkan semangat tim besutan Made Suartana itu untuk menggedor pertahanan Perseden hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, Bintang Bali juga semakin meningkatkan itensitas serangan. Namun, berbagai upaya yang sudah dilakukan Kadek Dwiki dan kolega, selalu gagal menjebol gawang Perseden yang dijaga kiper Putu Rio Bhaskara Jaya.

Baca juga :  Dirawat 5 Hari, Bayi Dua Tahun Sembuh dari Corona

Justru sebaliknya melalui serangan balik cepat, Perseden mampu mempertegas kemenangan menjadi 3-1 melalui gol Ronaldo Cepan Atilla sekaligus memaksa kiper Riski untuk ketigakalinya memungut bola dari sarangnya.

Skor 3-1 untuk Perseden bertahan sampai pertandingan dipimpin Wasit I Komang Reditha dari Buleleng berakhir. Dengan kemenangan ini, Perseden langsung memimpin Grup A dengan nilai 3. ”Kekompakan tim dan semangat anak-anak menjadi kunci sukses kemenangan ini atas Bintang Bali,” sebut Pelatih Perseden, Made Pasek Alit, usai laga tersebut.

Pada bagian lain, Manajer Tim Perseden Made Diatmika menilai, timnya sukses menjalankan strategi yang diterapkan tim pelatih sehingga berhasil mendapat kemenangan atas Bintang Bali. ”Meski tidak dibenani target juara atau mempertahankan gelar juara, anak-anak tampil luar biasa. Mereka tampil semangat dan kompak sepanjang pertandingan,” puji Diatmika.

”Astungkara, kemenangan ini sangat penting bagi tim. Terutama bagi para pemain, sebagai modal menghadapi pertandingan selanjutnya. Mudah-mudahan saja, performa anak-anak semakin meningkat,” pungkas Diamika.

Di kesempatan lain, Direktur Kompetisi (Dirkom) Asprov PSSI Bali, AA. Gede Dalem Suarnata memaparkan, Liga 3 Bali 2022 diikuti 15 tim yang terbagi dalam tiga grup. Juara dan runner up grup berhak lolos ke babak enam besar.

”Nantinya di babak enam besar akan dibagi dua grup, dimana masing-masing juara dan runner up grup berhak meraih tiket babak semifinal,” papar Agung Dalem seraya menyebutkan PSSI Bali, juga akan memutar Piala Suratin dalam tiga kelompok usia yakni, U-13, U-15 dan U-17. yes

                KLASEMEN SEMENTARA

    Grup A
    1.Perseden          1 1 0 0  3-1  3
    2.Sulut Bali        0 0 0 0  0-0  0
    3.Singaraja ZFP     0 0 0 0  0-0  0
    4.Putra Tresna      0 0 0 0  0-0  0
    5.Bintang Bali      1 0 0 1  1-3  0

    Jadwal Selasa (16/8/2022):
    Sulut Bali FC v Singaraja ZFP
    (Pukul 15.00 Wita)

    Grup C
    1.Tunas Muda        1 1 0 0  5-0  3
    2.Semarapura United 0 0 0 0  0-0  0
    3.PSAD Udayana      0 0 0 0  0-0  0
    4.Pro Kundalini     0 0 0 0  0-0  0
    5.Perst Tabanan     1 0 0 1  0-5  0

    Jadwal Senin (15/8/2022):
    Semarapura United v PSAD Udayana
    (Pukul 15.00 Wita)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.