Legislator Minta Perbaikan Dampak Bencana Jadi Skala Prioritas 2021

  • Whatsapp
Ketut Suastika. Foto: gia
Ketut Suastika. Foto: gia

BANGLI – Sebagai dampak bencana alam di wilayah Bangli pekan lalu, perbaikan fasilitas umum akan menjadi skala prioritas di APBD 2021. Sebab, anggaran tahun 2020 terkuras untuk penanganan dan pencegahan Covid-19. “Perbaikan jalan dan fasilitas umum lainnya yang terdampak bencana alam minggu lalu akan kami kawal di tahun 2021,” kata anggota Komisi III DPRD Bangli, I Ketut Suastika, Kamis (15/10/2020).

Untuk perbaikan jalan jebol parah seperti di Lingkungan Tegalalang menuju Banjar Tambahan, Desa Jehem, Tembuku dan Banjar Tegal, jelasnya, tidak memungkinkan pada tahun 2020. Apalagi APBD Perubahan tahun 2020 telah ketok palu. Namun, dia berjanji memprioritaskan untuk tahun 2021, karena refokusing anggaran tahun ini semua diprioritaskan untuk penanganan Covid-19.

Bacaan Lainnya

“Dampak bencana ini tentu tidak bisa diambil tahun ini. Bila perbaikan sampai tertunda, kerusakan akan bertambah parah, biaya yang diperlukan juga akan membengkak,” lugas politisi PDIP yang dicalonkan menjadi Ketua DPRD Bangli.

Disinggung perbaikan jalan setapak maupun jalan menuju destinasi wisata, dia menyebut akan ditangani melalui Bantuan Keuangan Khusus (BKK) ke desa. Begitu juga dengan kerusakan jalan di destinasi wisata di Tembuku, akan dianggarkan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. “Kami pasti akan memperjuangkan nanti tahun 2021 agar fasilitas umum bisa diperbaiki,” cetusnya berjanji.

Baca juga :  Tiga Pekerja Tertimpa Longsor, Satu Orang Meninggal

Sekadar mengingatkan, hujan deras yang terjadi pada Sabtu (10/10/2020) mengakibatkan bencana tanah longsor di sejumlah titik di Bangli. Sejumlah fasilitas umum seperti jalan banyak rusak, seperti yang terjadi di ruas jalan Banjar Tegal dan Banjar Tambahan-Tegallalang, dan banyak saluran irigasi tertutup longsor. Hampir sebagian jalan terseret banjir hingga tidak bisa dilalui kendaraan roda empat. 028 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.