Legislator Golkar Ini Soroti Penanganan TKP di Tengah Pandemi

  • Whatsapp

BADUNG – Dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini, semua hal cenderung dikaitkan dengan kemungkinan penularan wabah, termasuk penanganan kecelakaan lalu lintas atau penemuan mayat. Polisi acapkali menangani tempat kejadian perkara (TKP) tanpa baju alat perlindungan diri (APD), padahal saat ini memakai APD menjadi protokol kesehatan. “Ini perlu kita perhatikan juga bersama, agar rekan-rekan di polisi bisa bebas bergerak di lapangan,” seru Plt Ketua DPD Partai Golkar Bali, Wayan Suyasa, Jumat (8/5/2020).

Suyasa menyoroti persoalan itu usai menyerahkan bantuan 50 baju APD, 500 masker dan dua tangki air cuci tangan ke Polres Badung, kemarin. Bantuan diterima Kapolres AKBP Roby Septiadi didampingi Wakapolres Kompol Utariani.

Bacaan Lainnya

Bagi Suyasa, saat ini polisi juga bagian ujungtombak dalam penanganan pandemi. Selain urusan kecelakaan, polisi juga di depan saat misalnya diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar, dan itu mensyaratkan mereka berinteraksi langsung dengan masyarakat. Jika dalam bertugas mereka tidak dibekali APD, tidak ada jaminan masyarakat yang diajak berinteraksi bebas dari terpapar virus Corona.

“Memang tidak banyak bisa kami bantu, tapi ini sumbangan kami agar polisi tetap nyaman bekerja melayani masyarakat. Jangan sampai polisi yang menangani kecelakaan jadi trauma (karena tidak ada APD),” cetus Wakil Ketua DPRD Badung itu didampingi koleganya di Fraksi Golkar Badung.

Baca juga :  Catat! Bawaslu Jembrana Temukan Kejanggalan DPS

Selain sangat mengapresiasi, Kapolres menyebut bantuan Golkar Badung, terutama tangki air, itu sangat berguna untuk jajarannya. Kata dia, karena tempat cuci tangan hanya ada di depan pintu masuk Polres, saat apel anggotanya jadi berkerumun untuk cuci tangan. Karena kelamaan menunggu, malah ada yang memilih tidak cuci tangan, dan itu berarti tidak menaati protokol kesehatan.

Mengenai baju APD itu, Kapolres bilang sangat berguna untuk petugas yang menangani kejadian kecelakaan atau penemuan mayat. “Bantuan ini akan kami distribusi ke anggota. Setiap patroli juga akan dibagikan, begitu juga anggota bhabinkamtibmas untuk jaga diri. Terima kasih atas bantuan ini,” ucapnya sembari menjura ke Suyasa. hen

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.