Kodim 1616/Gianyar Ajak Masyarakat Tanggap Bencana

  • Whatsapp
PEMBINAAN masyarakat tanggap bencana, Rabu (1/12/2021) di Gedung Manunggal TNI Rakyat Kodim 1616/Gianyar. Foto: adi

GIANYAR – Kodim 1616/Gianyar melaksanakan pembinaan masyarakat untuk tanggap bencana, Rabu (1/12/2021) di Gedung Manunggal TNI Rakyat Kodim 1616/Gianyar. Pembinaan ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menghadapi terjadinya bencana alam.

Pasiter Kodim 1616/Gianyar, Kapten Inf. Hengky Histoveri, mengatakan, bencana merupakan peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu pola kehidupan normal masyarakat. Bencana juga menyebabkan kerugian besar terhadap jiwa, harta dan struktur sosial masyarakat yang melebihi kemampuan masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Ini sebagai wujud kepedulian TNI kepada masyarakat di wilayahnya, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam. Selain itu mengurangi dampak yang ditimbulkan,” jelasnya.

Lebih jauh disampaikan, jika sudah dilakukan antisipasi dini, kerugian akibat bencana alam bisa dicegah. “Kami mengajak masyarakat menjaga kehidupan sosial yang harmonis, memelihara keseimbangan, keserasian, keselarasan dan kestabilan lingkungan hidup, serta upaya-upaya lain dalam mencegah terjadinya bencana alam,” urainya.

Tak hanya diberi ceramah, para peserta kegiatan itu juga diajak simulasi penanggulangan bencana alam berupa gempa bumi yang dipandu tim dari BPBD Gianyar. Sosialisasi masyarakat tanggap bencana juga diberikan Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Gianyar, IGN Dibya Persasta.

Baca juga :  Digilas Thailand 0-4, Ketua DPD RI Minta Pemain Timnas Indonesia Tak Menyerah

Para peserta terdiri dari perwakilan Dinas Kesehatan sebanyak dua orang, Dinas Sosial (2), Polres Gianyar (3), Damkar (2), Trash Hero (2), Bali Sooter (2) orang dan para anggota Kodim 1616/Gianyar. adi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.