Jelang MotoGP Mandalika 2021, Pemprov Bali Kembangkan Kapasitas Pelabuhan Padangbai

  • Whatsapp
GUBERNUR Bali, Wayan Koster, saat bersama Gubernur NTB Zulkieflimansyah. Foto: ist
GUBERNUR Bali, Wayan Koster, saat bersama Gubernur NTB Zulkieflimansyah. Foto: ist

MATARAM – Tahun depan, jika tidak ada aral melintang, Indonesia bakal jadi tuan rumah hajatan besar kejuaraan dunia MotoGP untuk pertama kalinya dalam dua dekade terakhir. Sirkuit Mandalika di KEK Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, terus dikebut pengerjaannya di tengah pandemi.

Jalanan di kawasan ekonomi khusus itu akan disulap menjadi venue yang representatif untuk mendatangkan kembali MotoGP, yang telah absen selama 23 tahun dari Tanah Air. Trek sepanjang 4,32 km dengan 18 tikungan itu telah masuk ke dalam kalender provisional MotoGP 2021 meski masih sebagai sirkuit cadangan. Di tengah situasi krisis kesehatan global yang tidak menentu, kalender sementara itu masih berpeluang besar untuk berubah susunannya.

Bacaan Lainnya

Bagi Gubernur Bali, Wayan Koster, event internasional tersebut bukan hanya kebanggaan NTB saja, melainkan kebanggaan seluruh rakyat Indonesia. “Momentum MotoGP 2021 yang akan diselenggarakan di Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah itu bukan hanya kebanggaan NTB saja, tapi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia, termasuk juga Provinsi Bali, maka hukumnya wajib semua yang mencintai kesuksesan itu mendukung Provinsi NTB,” ujar Koster saat menerima kunjungan silaturahmi Gubernur NTB di rumah jabatan Gubernur Bali Jaya Sabha di Kota Denpasar pada Sabtu (19/12/2020) malam.

Baca juga :  Desa Adat Tak Boleh Bikin Kebijakan Berbeda

Menurut Koster, menghadapi perhelatan akbar balapan motor dunia itu, pihaknya telah pula melakukan sejumlah persiapan. Salah satunya, dengan mengembangkan kapasitas Pelabuhan Padangbai. ‘’Menyonsong event Motor GP Mandalika, NTB pada 2021 mendatang. Kami di Pemprov Bali bersama ASDP tengah fokus merancang  pengembangan Pelabuhan Padangbai. Jadi,  rencana ASDP itu adalah satu kesatuan dengan upaya Pemprov Bali agar bagaimana Mandalika Lombok kita topang dari sisi pengembangan pelabuhan lautnya,” jelas Gubernur.

Tak hanya itu, pihaknya pula sangat mendukung terciptanya konektivitas yang lebih baik antara Bali-NTB-NTT pada masa-masa mendatang khususnya untuk mendukung pariwisata. ‘’Memang harus didesain dengan baik konektivitasnya, bukan bersaing tapi sinergi dan terkoneksi,” tegasnya.

Ditambahkannya bahwa pembangunan infrastruktur pendukung konektivitas juga dilaksanakan di Pelabuhan Segitiga Sanur di Denpasar, Sampalan di Nusa Penida, dan Bias Munjul di Nusa Ceningan, Kabupaten Klungkung, yang saat ini sedang berjalan.

Sementara itu, Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, mengatensi langkah Gubernur Koster yang telah mendukung keberadaan Provinsi NTB yang akan menggelar tuan rumah perhelatan MotoGP Mandalika 2021. Bang Zul mengaku, sejak lama sudah mengenal Gubernur Koster. Apalagi, keduanya sebelum menjabat Gubernur pernah menjadi anggota DPR RI.

‘’Bagi saya beliau (Pak Koster) adalah senior yang asyik dalam berdiskusi dan bertukar pikiran selama menjadi anggota  DPR dulu. Jika sekarang Pak Koster mau membantu NTB dalam pengembangan pariwisata dan sektor lainnya. Termasuk, MotoGP Mandalika 2021, itu adalah bentuk ketulusan pak Koster selaku pemimpin yang layak diteladani oleh siapapun,’’ tandas Gubernur NTB. rul

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.