IBL 2021 akan Digulirkan 15 Januari dengan Format Baru

  • Whatsapp
DOKUMEN - Pemain Satria Muda Pertamina Avan Saputra (kiri) dihadang pemain Amartha Hangtuah Sevly Rondonuwu (tengah) dan Lucky Abdi Pasondok, saat pertandingan seri keenam IBL Pertamax 2020 di DBL Arena, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (7/3/2020). foto: antaranews

JAKARTA – Kompetisi Liga Bola Basket Indonesia (IBL) musim 2021 direncanakan akan digulirkan pada 15 Januari tahun depan dengan menggunakan format baru.

Direktur IBL Junas Miradiarsyah mengatakan penyelenggaraan kompetisi musim depan tetap akan mempertimbangkan situasi pandemi Covid-19 di Indonesia, salah satunya upayanya, yakni dengan penerapan sistem gelembung dan tanpa melibatkan penonton.

Bacaan Lainnya

“Kondisi pandemi masih belum menentu tahun depan, tetapi kompetisi tetap harus berjalan tentu dengan pedoman protokol kesehatan yang sangat ketat,” kata Junas dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa (10/11/2020).

Sehubungan dengan jadwal kegiatan olahraga yang padat pada 2021, penyelenggara juga mengambil beberapa langkah modifikasi format dan teknis agar jadwal seri maupun pertandingan IBL tidak bentrok dengan agenda lain di tahun depan, terutama Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021.

Beberapa modifikasi yang rencananya bakal diterapkan di antaranya, jadwal seri yang umumnya terdiri atas delapan akan dipadatkan menjadi empat seri untuk efektivitas sistem karantina yang akan dibagi menjadi dua fase. Adapun setiap seri yang biasanya berjalan selama tiga hari, kini diperpanjang menjadi enam hari.

Fase satu nantinya akan meliputi rangkaian penyelenggaraan seri 1, 2, dan 3, sedangkan fase dua untuk rangkaian seri 4, Playoff hingga Final yang diperkirakan berakhir pada akhir Maret atau sebelum memasuki Ramadan.

Baca juga :  Pendukung Jaya Wibawa Turunkan Baliho Liar, Bawaslu Dorong Pihak Lain Mencontoh

Junas mengatakan jadwal serta penyesuaiannya itu sudah disosialisasikan kepada klub-klub peserta IBL 2021. Pihak penyelenggara akan kembali mengumumkan penyesuaian mekanisme teknis lainnya secara bertahap. “Jadwal telah kami sosialisasikan pada klub-klub peserta dalam pertemuan manajer secara virtual pagi tadi,” ujar Junas, yang dilansir dari antaranews.

Klub peserta IBL saat ini tengah disibukkan dengan perekrutan pemain pada jendela transfer yang rencananya akan berakhir pada 24 Desember. “Saat ini transfer window ramai. Klub-klub sedang gencar mencari pemain sesuai dengan kebutuhan mereka masing-masing,” tuturnya.

Beberapa pemain bintang yang sempat absen pada kompetisi IBL dikabarkan akan kembali tampil, seperti Rachmad Febri Utomo yang akan membela Bank BPD DIY Bima Perkasa Jogja. yes

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.