Hadiri Musdes Desa Buahan, Kandel Serap Langsung Aspirasi Masyarakat

  • Whatsapp
Ket foto: Anggota Komisi 1 DPRD Gianyar, Nyoman Kandel, SH menghadiri Musyawarah Desa (Musdes) Desa Buahan, Kecamatan Payangan - POS BALI/ADI
Ket foto: Anggota Komisi 1 DPRD Gianyar, Nyoman Kandel, SH menghadiri Musyawarah Desa (Musdes) Desa Buahan, Kecamatan Payangan - POS BALI/ADI

GIANYAR –  Anggota Komisi 1 DPRD Gianyar, Nyoman Kandel, SH menghadiri Musyawarah Desa (Musdes) Desa Buahan, Kecamatan Payangan, Selasa (30/6). Kehadirannya untuk menyerap langsung aspirasi masyarakat Desa Buahan. Kehadiran anggota Fraksi PDIP tersebut, dengan mengajak Dinas Perkim, Bagian hukum, dan Sekretariat DPRD Gianyar.

Kandel mengatakan, kehadirannya untuk memotivasi peserta musdes,  agar merubah metoda/ pola pembangunan. “Sudah selayaknya pergeseran dari fisik ke BUMD maupun IPM,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Karena, menurutnya, dengan membangun Badan Usaha Milik Desa, nantinya akan mendapatkan Pendapatan Asli Desa (PAD). “Dengan PAD akan bisa melaknsanakan amanah konstitusi yaitu kesejahtraan masyarakat. Karena desa salah satu penyelenggara pemerintahan yang mempunyai spirit otonomi, yaitu otonomi asli,” tegasnya.

Selain itu, ia juga meminta agar pelaksanaan musdes mengedepankan asas keadilan, tranparansi, demokratis, dan akuntabel. “Saya hadir untuk memberikan motivasi agar musdes berjalan dengan baik,” ujarnya.

Dikatakanya, merupakan musyawarah tingkat desa dalam perencanaan pembangunan di desa. “Musdes merupakan proses musyawarah antara Badan permusyawaratan desa, Pemerintah desa, dan unsur masyarakat yang diselenggarakan oleh BPD untuk menyepakati hal yang bersifat strategis,” jelasnya.

Dalam musdes akan dibahas segala prioritas pembangunan di desa. “Untuk  Desa Buahan prioritas pembangunan adalah Jalan lingkar Buahan-Susut-Satung, juga pemindaha  2 unit sekolah SD yang ada di Desa Buahan,” pungkasnya. 011

Baca juga :  Dukung Percepatan Penanganan Covid-19, Desa Dauh Puri Kaja Gencarkan Pendataan Duktang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.