Generasi Muda Wajib Pahami Indentitas Bangsa

  • Whatsapp
Husein Sagaf. Foto: ist
Husein Sagaf. Foto: ist

DENPASAR – Generasi muda sebagai penerus bangsa, wajib dan harus memahami identitas bangsa. Mulai dari Pancasila sebagai ideologi bangsa, UUD Negara Republik Indonesia 1945 sebagai konstitusi negara, kemudian kehidupan yang Berbhinneka Tunggal Ika dan bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal tersebut ditegaskan Komandan Korem (Danrem) 163/Wira Satya Brigjen TNI Husein Sagaf, di Denpasar, Minggu (13/9).

Menurutnya, memang generasi milenial tidak mengalami langsung sejarah perjuangan bangsa dalam merebut kemerdekaan dan mempertahankannya dari kaum penjajah. Namun, jelas jenderal bintang satu ini, generasi milenial mempunyai kesempatan langsung yang lebih leluasa dalam mengakses ilmu pengetahuan dan teknologi yang akan sangat berpengaruh terhadap pola pikir termasuk dalam menyikapi implementasi bela negara.  ‘’Jadi implementasi bela negara disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada dalam upaya mewujudkan integritas  nasional,’’ tegasnya.

Bacaan Lainnya

Di era Revolusi Industri 4.0 banyak dampak positif yang dirasakan dan tidak sedikit pula yang menyesatkan akibat ulah manusia yang bersifat apatis dan destruktif.   ‘’Menghadapi Revolusi Industri 4.0, maka karakter sumber daya manusia yang diperlukan di era ini atau di era new normal ini, antara lain keterampilan yang meliputi penguasaan teknologi, penguasaan software dan kemampuan berbahasa asing utamanya bahasa Inggris,’’ jelasnya.

Baca juga :  Putri Hariyani Motivasi Petani Jahe Gajah di Bangli

Kemudian, lanjut dia, SDM-nya harus memiliki attitude yang meliputi bela negara, kerja keras, ulet pantang menyerah dan mempunyai kemauan belajar sepanjang hayat. ‘’SDM harus berpengetahuan luas dengan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi,’’ tandasnya. 019

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.