DNA Denpasar Rangkul Kreativitas Seniman di Tengah Pandemi

  • Whatsapp
PERTUNJUKAN musik oleh Sanggar Palawara di gedung DNA, Lumintang, Denpasar pada Sabtu malam (12/9). Foto: ist
PERTUNJUKAN musik oleh Sanggar Palawara di gedung DNA, Lumintang, Denpasar pada Sabtu malam (12/9). Foto: ist

DENPASAR – Produktif dalam masa pandemi Covid-19 menjadi dorongan program di Dharma Negara Alaya (DNA) Creatif Hub Denpasar. Bersama Dinas Pariwisata Denpasar dan Badan Ekonomi Kreatif (Bkraf) Denpasar, merangkul insan kreatif Denpasar mengemasnya lewat “DNArt” dengan menampilkan kreativitas insan seni di Kota Denpasar.

Terdapat beberapa panggung seni pertunjukan di gedung DNA Denpasar yang dimanfaatkan untuk merangkul kreativitas para seniman. Diawali dengan penampilan Sanggar Palawara bertempat di panggung outdoor lantai dua gedung DNA, Lumintang, Denpasar pada Sabtu malam (12/9).

Kemudian berlanjut pada Minggu (13/9) diisi penampilan dari Roras Ensemble. Pagelaran ini tetap mengacu pada disiplin penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Kabid Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Denpasar, I Wayan Hendaryana, menyampaikan, Dinas Pariwisata mendorong pekerja kreatif salah satunya kreativitas insan seni pertunjukan yakni seni musik untuk mampu meningkatkan kreativitas dan kapasitas diri di tengah pandemi Covid-19.

Baca juga :  Gaji Pegawai dan Perangkat Desa Sobangan Belum Dibayarkan Sejak Juli, Ini Penjelasan Kadis PMD Badung

‘’Ini menjadi langkah kami lewat pagelaran bertajuk DNArt di mana para pekerja kreatif bisa menunjukkan karya mereka yang tentunya selalu mengacu pada disiplin protokol kesehatan dalam setiap pertunjukan di gedung DNA,’’ ujar Hendaryana didampingi Ketua Bkraf Denpasar, I Putu Yuliartha.

Ia menjelaskan, program ini bakal berlangsung setiap hari Sabtu dan Minggu pada sore hari bertempat di gedung DNA Denpasar. Di samping gelaran tersebut, pihaknya juga telah mengadakan lomba komik DNA dengan tema “Denpasar Bangkit Kembali” dengan karya-karya komik terbaik dapat dilihat pada akun media sosial Dharma Negara Alaya. Langkah kecil ini diharapkan mampu memberikan semangat dan insan kreatif dapat terus menggali ide dan inovasi yang dapat menyesuaikan kondisi saat ini.

Baca juga :  Kapolres Bagikan Sembako ke Warga Flobamora di Tabanan

Penampilan Sanggar Palawara pada Sabtu malam membawakan garapan berjudul “Bhaskara”. Pendiri Palawara Music Company, Wayan Ary Wijaya, menyampaikan, penampilannya di Gedung DNA menjadi penampilan perdana. Dalam pagelaran musik ini, Palawara menggunakan alat suling dengan sistem akord yang membelit jalinan melodi untuk mencapai ruang, nuansa, harmoni yang lebih besar.

‘’Kami pertama kali tampil di DNA dan tentunya merasa bangga serta menyampaikan ucapan terima kasih kepada DNA dapat turut serta menampilkan karya musik,’’ ujarnya seraya berharap ke depan dapat kembali mengisi kegiatan di panggung DNA Denpasar. 026

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.