Empat Kecamatan di Karangasem Masuk Kawasan Rawan Longsor

  • Whatsapp
Foto: Ilustrasi rawan longsor/istimewa
Foto: Ilustrasi rawan longsor/istimewa

KARANGASEM – Hujan deras yang mengguyur wilayah Karangasem menyebabkan beberapa wilayah di Bumi Lahar rawan longsor. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karangasem menyebutkan, ada beberapa wilayah di empat kecamatan di Karangasem yang rawan longsor.

Keempat wilayah rawan longsor tersebut ialah adalah Dusun Temukus dan Batusesa yang masuk wilayah Kecamatan Rendang. Wilayah Muncan, Dusun Batu Gede Desa Duda Timur untuk diwilayah Kecamatan Selat, selanjutnya Dusun Belong atau Sanghyang Ambu untuk kawasan rawan longsor Kecamatan Karangasem dan wilayah Berina serta jalur menuju Pura Lempuyang Madya yang masuk wilayah Kecamatan Abang.

Bacaan Lainnya

Kalaksa BPBD Karangasem, Ida Ketut Arimbawa menegaskan, beberapa wilayah yang ada di empat kecamatan tersebut sesui dengan pemetaan dari BPBD memang masuk kedalam kawasan rawan longsor. ‘’Kami mengimbau agar warga yang tinggal atau masyarakat pengguna jalan agar selalu meningkatkan kewaspadaan saat melintas di kawasan-kawasan rawan terjadinya longsoran mengingat wilayah Karangasem kerap diguyur hujan,’’ ujar Arimbawa, Minggu (1/3/2020).

Khusus untuk wilayah jalan balai nasional dan jalan provinsi, pihaknya juga mengaku telah melaksanakan rapat koordinasi untuk mengantisipasi apabila terjadi longsor seperti beberapa waktu lalu menyiagakan alat berat dikawasan Sanghyang Ambu agar penanganan sewaktu-waktu bisa cepat dilakukan. ‘’Itu untuk antisipasi apabila terjadi longsor di jalur nasional dan provinsi, sementara untuk jalur kabupaten, BPBD tetap berkoordinasi dengan Dinas PUPR,” kata Arimbawa. 017

Baca juga :  Presiden Jokowi: Fokus Pada 3T dan Tingkatkan Disiplin Protokol Kesehatan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.