Duh, Virus dapat Ditemukan di Sperma

  • Whatsapp
Logo lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). foto: antaranews.

PENELITI dan ahli bidang reproduksi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Taufiq P Nugraha mengatakan virus dapat ditemukan di sperma atau air mani.

“Memang bukan hal yang aneh pada suatu infeksi virus yang bersifat viremia, virus dapat ditemukan di air mani,” kata Taufiq, Sabtu (9/5/2020). Viremia adalah masa dimana virus masuk ke peredaran darah.

Bacaan Lainnya

Dia menuturkan ada suatu artikel review yang menemukan kurang lebih 27 jenis virus yang pernah ditemukan di air mani, seperti penyakit zika atau ebola. ”Memang pada saat infeksi berat dan terjadi viremia, virus bisa menembus blood-testis barrier dan akhirnya ditemukan dalam semen,” ungkap Taufiq.

Menanggapi temuan peneliti China yang menguji air mani laki-laki yang terinfeksi Covid-19 dan menemukan minoritas yang memiliki virus SARS-CoV-2 dalam air mani, Taufiq menuturkan masih memerlukan kajian dan penelitian lebih lanjut.

Penelitian yang dilakukan pada 38 laki-laki terinfeksi Covid-19 yang dirawat di rumah sakit kota Shangqiu di China, ditemukan virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 di sperma pada enam orang.

“Kalau melihat temuan ini menunjukkan bisa terjadi, tapi kalau viremia biasanya sudah infeksi berat karena virus sudah ke mana-mana,” kata Taufiq, seperti dilansir dari antaranews.

Taufiq kembali menegaskan, bahwa hasil temuan itu masih harus dicermati lebih lanjut, karena “ini masih tahap awal sepertinya.” yes

Baca juga :  Bupati Tabanan Apresiasi Panitia, Pujawali Pura Luhur Batukau Terapkan Prokes

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.