Damkar Karangasem Dilengkapi Mobil Baru Kapasitas 3.000 Liter

  • Whatsapp
WAKIL Bupati Karangasem, I Wayan Artha Dipa, meluncurkan layanan mobil pemadam kebakaran (damkar) berkapasitas 3.000 liter di Pos Damkar Karangasem, Rabu (15/12/2021). Foto: ist

KARANGASEM – Wakil Bupati Karangasem, I Wayan Artha Dipa, meluncurkan layanan mobil pemadam kebakaran (damkar) berkapasitas 3.000 liter di Pos Damkar Karangasem, Rabu (15/12/2021).

Peluncuran mobil baru itu didahului upacara pemelaspasan di-puput Ida Pedanda Istri Jelantik dari Grya Kemenuh Subagan, dan dihadiri Kajari Karangasem, Aji Kalbu Peibadi; Ketua DPRD Karangasem, I Wayan Suastika; Sekda Karangasem, I Ketut Sedana Merta; Plt. Kadis Perhubungan Karangasem, Ida Bagus Suastika; dan Kasi Kedaruratan dan Logistik, Eka Tirtana.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Karangasem, Siki Ngurah, dalam laporannya mengatakan, pengadaan mobil damkar ini diharap mampu mencegah dan mengatasi kebakaran di wilayah Karagasem dan daerah tetangga.

Selain kebakaran, instansinya juga melayani penanganan banjir, evakuasi korban hanyut, evakuasi korban jatuh ke sumur, penyelamatan hewan yang berdampak pada keselamatan manusia, dan lain-lain.

Sarana yang tersedia saat ini lima mobil damkar yang yang terdiri dari tiga unit mobil tangki, satu unit mobil penyemprot tanpa tangki air, dan satu unit mobil damkar kapasitas 5.000 liter. “Pasukan Pemadam sebanyak 51 orang, yang terbagi tiga regu dan dua pos yakni Pos Induk Karangasem dan Pos Pemadam Selat,” terangnya.

Baca juga :  Perkuat Penyelenggaraan Pemerintahan, Gubernur Koster Jalin Kesepakatan dengan BPKP Bali

Kajari Aji Kalbu Pribadi pada kesempatan itu berujar lembaganya mulai melakukan pendampingan pengadaan belanja oleh Pemkab Karangasem, untuk memastikan pengadaan sesuai ketentuan yang berlaku. Harapannya agar tidak menimbulkan permasalahn pidana. Dia juga memuji Dinas Kebakaran dari mulai nota kesepakatan sampai sekarang banyak sekali kemajuan.

Artha Dipa dalam sambutannya mengatakan, Dinas Pemadam Kebakaran mempunyai tanggung jawab mengawal sistem keamanan dan ketertiban secara terpadu, serta terwujudnya stabilitas keamanan dan kenyamanan warga dan wisatawan.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Kejari Karangasem karena memberi pendampingan hukum dalam proses pengadaan kendaraan damkar itu. Itu menghasilkan output berkualitas, sehingga mampu memberi manfaat dalam memberi pelayanan kepada masyarakat Karangasem.

Dinas Pemadam Kebakaran juga diingatkan selalu berupaya meningkatan kemampuan dan keterampilan melalui latihan, guna mewujudkan Pemadam Kebakaran Era Baru. “Terkait kekurangan sarana dan prasarana, pemerintah akan berupaya memenuhi sesuai kemampuan anggaran serta prioritas pembangunan daerah,” jelasnya.

Dengan pesatnya pembangunan dan kemajuan sebuah kota, sambungnya, peran damkar sangat dibutuhkan guna memastikan amannya sebuah investasi di Karangasem. Untuk itu Pemkab akan berupaya membangun pos-pos pemadam kebakaran di kawasan-kawasan, strategis seperti kawasan pariwisata Candidasa, Tulamben serta kawasan lainnya.

“Selain penanggulangan kebakaran, saya mengarahkan kepada Dinas Damkar melakukan pencegahan melalui edukasi kepada anak-anak sekolah, sosialisasi ke masyarakat, lembaga pemerintah dan swasta tentang pentingnya pencegahan kebakaran,’’ pesannya. nad

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.