BPBD Gianyar Disibukkan Pohon Tumbang-Tanah Longsor

  • Whatsapp
PETUGAS mengevakuasi pohon tumbang, Senin (6/12). Foto: ist

GIANYAR – Hujan lebat lagi-lagi menghadirkan mimpi buruk untuk warga Gianyar, karena menyebabkan terjadinya pohon tumbang dan tanah longsor. Beberapa pohon tumbang menimpa bangunan pura, kabel telepon dan listrik, rumah warga, dan menghalangi akses jalan raya.

Evakuasi dilakukan petugas gabungan BPBD Gianyar, TNI, Polri dan dibantu gotong royong masyarakat. Belum ada laporan adanya korban jiwa, tapi kerugian material ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Bacaan Lainnya

Kepala BPBD Gianyar, Ida Bagus Putu Suamba, Senin (6/12/2021) mengatakan, cuaca ekstrem dengan hujan lebat menimbulkan bencana alam tanah longsor dan pohon tumbang.

Hingga Senin pagi, sebutnya, petugas BPBD Gianyar menerima puluhan laporan tanah longsor dan pohon tumbang di sejumlah kecamatan di Gianyar.

Misalnya tanah longsor menimbun jalan di Bukit Batu, Samplangan; dan pohon pule tumbang menimpa bangunan candi Pura Dalem Buruan, Blahbatuh. “Selain menimpa candi, pohon pule juga menimpa kabel Telkom dan menghalangi jalan raya,” jelasnya.

Pohon tumbang juga ada yang menimpa rumah warga di Banjar Gagah, Tegallalang. Tak hanya pohon tumbang dan tanah longsor, baliho berukuran besar juga tumbang di wilayah Umepakel, Tegallalang. “Tanah longsor menimpa kabel hingga putus terjadi di dekat vila di Ubud,” sambungnya.

Baca juga :  Rusak, Dewan Soroti Jalan Pura Ulun Danu Batur

Pohon nangka dan pohon kelapa tumbang menutup akses jalan terjadi di Banjar Cagan, Desa Pejeng Kangin, Tampaksiring. Juga ada pohon albesia tumbang menimpa kabel Telkom dan menutup akses jalan. Pohon yang menutup akses jalan itu dievakuasi perbekel bersama masyarakat secara gotong royong. adi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.