Bawaslu Gianyar Tingkatkan Pengawas Partisipatif Pramuka

  • Whatsapp
RAPAT Rencana Kerja Saka Adhyasta Pemilu Kwarcab Gianyar. Foto: adi
RAPAT Rencana Kerja Saka Adhyasta Pemilu Kwarcab Gianyar. Foto: adi

GIANYAR – Bawaslu Gianyar menggencarkan merekrut kader pengawas partisipatif pemilu, dengan Pramuka sebagai salah satu elemen yang disasar. Hal itu mengemuka dalam rapat rencana kerja Saka Adhyasta Pemilu Kwarcab Gianyar, Jumat (20/11/2020), di kantor Bawaslu Gianyar.

Usai membuka rapat, komisioner Bawaslu Gianyar, I Wayan Gede Sutirta, mengatakan, lembaganya mempunyai program meningkatkan peran masyarakat dalam pengawasan pemilu. Strategi ini lebih dikenal dengan pengawasan partisipatif. Program pengawasan partisipatif dari Bawaslu itu salah satunya adalah Saka Adhyasta Pemilu. “Diharapkan nanti adik-adik dari Pramuka dengan spirit patriotik yang telah tertanam dalam jiwa, bisa sebagai agen Bawaslu dalam menyosialisasikan pengawasan partisipatif kepada masyarakat,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Penyusunan rencana kerja Saka Adhyasta Pemilu Kwarcab Gianyar ini, jelasnya, merupakan langkah awal dari kelanjutan pembentukan Saka Adhyasta Pemilu. Langkah ini sebagai upaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu, menciptakan pemilu yang bermartabat dan berkeadilan, menjadi sekolah demokrasi bagi anggota Pramuka di bidang pengawasan pemilu. “Dan, memberi pendidikan khusus pengawasan pemilu bagi anggota Pramuka,” ungkapnya.

Komisioner Bawaslu Gianyar, Ni Made Suniari Siartikawati, yang juga Ketua Saka Adhyasta Pemilu Kwarcab Gianyar, menambahkan, dia berharap kelanjutan Saka Adhyasta guna mendukung program partisipatif Bawaslu. Bawaslu Gianyar, urainya, memerlukan kader-kader pengawas partisipatif guna mendukung kegiatan yang akan dilaksanakan. Terutama dari sisi pengawasan dan pencegahan, serta memberi manfaat bagi semua pihak. “Pengawasan partisipatif sangat membantu kami dalam menjalankan tugas di masyarakat secara maksimal,” tandasnya. 011

Baca juga :  ASEAN Para Games 2020 Terancam Batal

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.