Bawaslu Bali Siapkan Tes Cepat Corona untuk Jajaran

  • Whatsapp
KETUT Ariyani. Foto: gus hendra
KETUT Ariyani. Foto: gus hendra

DENPASAR – Segendang sepenarian dengan KPU, Bawaslu Bali juga mengagendakan rapid test (tes cepat) untuk skrining awal virus Covid-19 bagi jajarannya. Namun, belum ada kepastian kapan tes cepat dilakukan, karena belum surat permintaan yang diajukan belum direspons. Demikian diungkapkan Ketua Bawaslu Bali, Ketut Ariyani, Minggu (14/6/2020).

“Pak Kepala Sekretariat Bawaslu sudah bersurat ke Dinas Kesehatan Provinsi Bali tanggal 28 Mei lalu. Tapi belakangan baru ada penjelasan bahwa surat permohonan mestinya ditujukan ke Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali, bukan langsung ke Dinas Kesehatan. Surat permohonan kami perbaiki dulu,” sebutnya.

Dalam surat permohonan yang dikirim sebelumnya, Bawaslu menekankan permintaan tes cepat untuk memberi kepastian jajaran pengawas tidak menjadi penyebar virus tersebut saat bertugas. Senada dengan KPU, Bawaslu juga juga akan menggelar tes cepat mulai dari jajaran komisioner dan kesekretariatan sampai dengan pelaksana pengawas di desa/kelurahan. Hanya, tidak disebut berapa jumlah total personel yang akan tes cepat.

Baca juga :  Update Covid-19 di Denpasar: Sembuh 13 Orang, Positif Bertambah 16 Orang

Bahwa hasil hasil tes cepat nonreaktif tidak menjamin jajarannya tidak akan terpapar usai tes cepat, Ariyani tidak membantah hal tersebut. Kata dia, sekurang-kurangnya Bawaslu secara lembaga memberi injeksi moral kepada personelnya untuk melaksanakan tugas tanpa diiringi rasa waswas di tengah pandemi Corona. Kondisi kesehatan jajaran pengawas juga memberi rasa aman kepada badan ad hoc KPU yang menjadi mitra kerja, demikian juga untuk masyarakat.

“Faktor ada risiko setelah tes cepat itu masih bisa terpapar, ya memang begitulah keadaan kita. Namun, minimal kita bisa memberi tambahan semangat untuk rekan-rekan pengawas dalam bekerja. Tentu kami berharap jangan sampai ada penyelenggara yang kena,” ulas satu-satunya perempuan komisioner di Bawaslu Bali tersebut. hen

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.