Stop Transmisi Lokal, GTPP Covid-19 Denpasar Maksimalkan Tes Swab Massal

  • Whatsapp
JURU Bicara GTPP Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai. foto: ist

‘Penemuan kasus jadi kunci utama penanganan medis dan pencegahan dini”

DENPASAR – Arahan Pemerintah Pusat untuk melaksanakan deteksi awal kasus Covid-19 di daerah, ditindaklanjuti serius Pemkot Denpasar. Melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Kota Denpasar secara berkelanjutan terus melaksanakan tracking, screening dan testing masal berupa rapid tes dan swab tes berbasis PCR.

Juru Bicara GTPP Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai saat memberi keterangan pers Rabu (10/6/2020) di ruang Press Room Kantor Walikota menjelaskan, Pemkot Denpasar berkomitmen mendukung percepatan penanganan Covid-19. Selain upaya pencegahan yang terus dimaksimalkan, penemuan kasus juga menjadi kunci utama penanganan medis maupun pencegahan dini penularan Covid-19.

Baca juga :  Komang Dyah Setuti Kembali Nahkodai Persani Badung

“Tes masal baik Rapid Tes maupun Swab Tes terus kami maksimalkan untuk menemukan kasus dan mengantisipasi penyebaranya. Ini merupakan bagian dari strategi untuk memutus penyebaran covid 19, sehingga nanti bisa lebih cepat bisa berproduktivitas dengan aman,” ujar Dewa Rai.

Lebih lanjut dikatakan, hingga saat ini Pemkot Denpasar telah melakukan tes baik rapid maupun swab kepada 3.426 warga di Denpasar. Mereka yang dites ini merupakan warga asli Denpasar maupun warga luar Denpasar yang masuk ke Kota Denpasar.

Dewa Rai menambahkan, tes sejumlah 3.426 warga ini hanya dilakukan oleh Pemkot Denpasar. Selain itu, adapula pihak swasta yang melakukan tes secara mandiri. ”Pelaksanaan testing secara masif dilakukan karena kasus transmisi lokal semakin meningkat, jadi kegiatan testing massal ini adalah juga merupakan strategi untuk menyetop transmisi lokal,” katanya.

Baca juga :  Disetujui Wali Kota, Lima Desa di Denpasar Resmi Terapkan PKM

“Jika ada pertanyaan mengapa kasus positif Covid-19 di Kota Denpasar cenderung mengalami peningkatan, hal ini lantaran screening, testing dan tracking yang dilanjutkan dengan swab tes massal yang digelar secara masif, sehingga klaster penyebaran dapat terindentifikasi, dan penanganan serta pencegahan dapat dilaksanakan secara tepat sasaran, dengan langkah lanjutan seperti bloking, isolasi dan treatmen,” terang Dewa Rai.

Selebihnya Dewa Rai mengatakan, GTPP covid 19 Denpasar kedepan akan semakin menggencarkan pelaksanaan tes swab secara masif agar bisa segera memutus penyebaran covid 19. “Langkah itu tentu harus dibarengi pelaksanaan protokol kesehatan yang semakin ketat dan disiplin. Peran serta dan partisipasipasi masyarakat sangat berpengaruh terhadap tingkat keberhasilan penanganan covid di Kota Denpasar,” pungkasnya. yes

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.