Pokli Gubernur Bali Monitor Padangbai, Sumbang Sembako di Pelabuhan dan Mangku Goa Lawah

  • Whatsapp
Suasana penyerahan sembako Pokli Pembangunan Gubernur Bali di Padangbai (Karangasem) dan Pura Goa Lawah (Klungkung)
Suasana penyerahan sembako Pokli Pembangunan Gubernur Bali di Padangbai (Karangasem) dan Pura Goa Lawah (Klungkung)

PADANGBAI- Sejumlah Kelompok Ahli (Pokli) Pembangunan Gubernur Bali Wayan Koster sebagai perpanjangan tangan Gubernur, Jumat (8/5) pagi melakukan monitoring ke pelabuhan Padangbai. Dalam kunjungan itu mereka sekaligus membawa bantaun sembako untuk sejumlah buruh pelabuhan dan pemangku di Goa Lawah Klungkung.

Rombongan dipimpin Made Arimbawa dan anggota Satgas Gede Sudiartha, diterima Manajer Usaha ASDP Pelabuhan Padangbai Zainal Abidin beserta jajarannya.

Bacaan Lainnya

Dalam pertemuan sebelum menyerahkan sembako, Zainal Abidin mengatakan sejak pandemik Corona, kegiatan bisnis pelabuhan menurun 60 persen. Hanya penyebrangan barang yang tetap berlangsung normal dari dan ke pelabuhan Lembar (NTB).

Sedangkan penyebrangan orang turun drastis malahan turis yang biasanya banyak lewat di pelabuhan tersebut menjadi nol persen.

Dalam mengatur penyebrangan orang sudah dilakukan sesuai protokol kesehatan Corona, dan dibentuk team gabungan berjalan selama 24 jam. Karena di pelabuhan Lembar (Lombok) juga sangat ketat, maka penyebrangan orang otomatis sudah terseleksi sedemikian rupa, sesuai ketentuan yang berlaku.

Dalam menjalankan pekerjaan sehari-hari, awalnya terjadi ketakutan dan kepanikan sebab sebagai manusia banyak petugas takut tertular wabah Corona.

Pelan-pelan suasana mulai agak kondusif, dan semua awak pelabuhan dapat melakukan tugas sesusi dengan protokol yang diberlakukan dalam menangani orang dan barang secara selektif.

Baca juga :  K9 Polda Bali Pertebal Pengamanan Pelabuhan Padangbai

Anggota Pokli Gede Sudiarta yang juga anggota Satgas Penanggulangan Corona Provinsi Bali menjelaskan, tujuan kunjungan tersebut melakukan monitor lapangan sekaligus membawa bantuan sembako sekadarnya bekerjasama dengan dfonatur di Denpasar.

Sementara Made Arimbawa menjelaskan, sebagai perpanjangan tangan Gubernur Bali, Pokli akan melaporkan sejumlah persoalan yang ada di lapangan terkait dengan virus Corona tersebut.

Gubernur Bali sebagaimana dikatakan Artimbawa, berkeinginan wabah Corona di Bali segera berakhir sehingga kondisi daerah ini kembali normal seperti sediakala. Sejumlah kebijakan sudah ditetapkan Gubernur Koster bersama Bupati/Walikota se-Bali, guna mempercepat penanggulangan pandemik Corona tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, diserahkan 40 paket sembako berupa beras masing-masing 10 kg,  kepada sejumlah buruh pelabuhan yang bertuguas siang itu.

Syahbandar Pelabuhan Padangbai Ni Luh Putu Eka Tuyasmin SE. MM menyampaikan terima kasih atas sumbangan  masyarakat melalui Pokli Pembangunan Gubernur. Bantuan itu akan ikut membantu keperluan sehari-hari buruh pelabuhan, yang belakangan penghasilannya sangat menurun akibat pandemi Corona ini.

Usai melakukan monitoring di Padangbai, anggota Pokli langsung menuju Pura Goa Lawah . Di Wantilan Pura, anggota Pokli menyerahkan 12 paket sembako yang sama kepada Pemangku dan pengayah sehari-hari di Pura.

Sumbangan diterima Jro Mangku Istri Nyoman Suwini disaksikan prajuru Pura Goa Lawah  Putu Yuliadi. [n]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.