Pangdam IX/Udayana Lepasliarkan Tukik di Pantai Penimbangan

  • Whatsapp
PANGDAM IX/Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, saat melepaskan tukik di kawasan pantai Penimbangan, Kamis (25/3/2021). foto: rik

BULELENG – Sebanyak 25 ekor tukik dilepasliarkan di kawasan konservasi Pantai Penimbangan, Desa Baktiseraga, Kabupaten Buleleng, Bali, Kamis (25/3/2021). Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, juga ikut melepas tukik di kawasan itu.

Pelepasliaran tukik ini merupakan salah satu kegiatan Pangdam Maruli selama agenda kunjungan kerja ke Buleleng. Dalam kegiatan itu, Pangdam didampingi Camat Buleleng Nyoman Riang Pustaka, Perbekel Desa Baktiseraga Gusti Putu Armada.

Bacaan Lainnya

Pangdam Maruli sangat mengapresiasi kepedulian warga pesisir Penimbangan menjaga lingkungan dengan membangun pusat penangkaran telur penyu. “Mari terus tingkatkan kepedulian lingkungan. Menurut saya, semakin banyak melakukan seperti bidang konservasi laut dan sektor lain, maka kondisi lingkungan kita semua akan semakin baik,” ujarnya.

Ketua Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Penimbangan Lestari, Gede Wiadnyana, mengaku dengan kunjungan Pangdam IX/Udayana menjadi momentum positif untuk mengenalkan kegiatan konservasi laut yang dirintisnya sejak 6 tahun lalu.

Dia pun tak menampik, upaya konservasi ini memerlukan dukungan pihak-pihak lain. Sejak September 2020 lalu hingga sekarang, aktivitas penangkaran telur belum banyak. Hal ini karena belum memasuki musim bertelur bagi penyu dewasa.

“Biasanya bulan Juni masuk masa penyu bertelur hingga Agustus. Selama masa puncak itu mulai banyak penyu dewasa yang naik ke daratan untuk bertelur,” pungkas Wiadnyana. rik

Baca juga :  Klungkung Tingkatkan Ketahanan Pangan di Masa Pandemi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.