Mata Air di Manduang Dilirik Masuk Pamsimas

  • Whatsapp
BUPATI Suwirta meninjau lokasi mata air di Desa Manduang, Minggu (13/12/2020). Foto: ist
BUPATI Suwirta meninjau lokasi mata air di Desa Manduang, Minggu (13/12/2020). Foto: ist

KLUNGKUNG – Desa Manduang di Kecamatan Klungkung memiliki mata air yang direncanakan dapat dimanfaatkan sebagai air minum. Hal itu terungkap saat Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, meninjau lokasi mata air itu, Minggu (13/12/2020), tepatnya di Dusun Hyang Api, Tirta Muncrat, dan Tirta Suranadi di daerah perbatasan Manduang dan Akah.

“MATA air ini nantinya digunakan sebagai air minum yang akan dikelola dengan sistem Pamsimas (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat). Dari semua tempat yang dikunjungi, kemungkinan dapat menghasilkan debit air kurang lebih 5 sampai 6 liter. Jika dihitung dengan jumlah penduduk di Desa Manduang berjumlah kurang lebih 500 KK, maka memerlukan debit 5 liter/detik untuk bisa dikelola dengan Pamsimas,” terang Suwirta.

Bacaan Lainnya

Dia pun menyambut baik inovasi perangkat desa setempat, yang akan memanfaatkan mata air Tirta Suranadi menjadi kolam renang untuk mendukung Desa Wisata di Manduang. Terkait pembangunan kolam renang itu, Suwirta menugaskan Dinas PUPRPKP Klungkung, PDAM, dan perangkat desa untuk berdiskusi dalam pemakaian debit mata air yang akan digunakan. Tujuannya agar jangan sampai ketika digunakan untuk Pamsimas, debit air menjadi berkurang dan mempengaruhi keberadaan kolam renang yang digunakan sebagai pendukung Desa Wisata di Manduang. “Pamsimas akan maksimal bila mata air dapat naik maksimal,” lugasnya.

Baca juga :  Sambut MotoGP 2021, Menpora Dorong Pemuda Mandalika untuk Berwirausaha

Suwirta yang didampingi Direktur PDAM Klungkung, I Nyoman Renin; dan Camat Klungkung, I Ketut Arie Gunawan, juga meninjau lokasi mata air di Desa Manduang yang bernama Tirta Gumi Uwug. Tempat ini juga digunakan sebagai tempat spiritual. Usai meninjau empat lokasi tersebut, Bupati menyarankan agar dibuatkan jalur tracking menuju mata air. Dengan begitu mata air tersebut dapat dimanfaatkan sebagai tempat melukat, dan untuk hal lain yang bermanfaat bagi masyarakat Desa Manduang.

‘’Mata Air di Desa Manduang layak dikelola untuk memenuhi kebutuhan masyarakat desa, dan untuk menambah potensi Desa Wisata yang ada di Desa Manduang,’’ ulasnya menandaskan. baw

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.