KPPS Wajib Pakai APD Bertugas di TPS

  • Whatsapp
KPU Karangasem menyerahkan santunan secara simbolis kepada perwakilan keluarga dua anggota PPS yang meninggal saat melaksanakan tugas. Foto: nad
KPU Karangasem menyerahkan santunan secara simbolis kepada perwakilan keluarga dua anggota PPS yang meninggal saat melaksanakan tugas. Foto: nad

KARANGASEM – KPU Karangasem kian gencar bekerja memastikan persiapan Pilkada Karangasem berlangsung mulus, terutama terkait persiapan data, logistik, serta kelengkapan alat pelindung diri (APD) yang wajib dipakai KPPS di TPS. KPU memastikan 10.035 KPPS siap bertugas dengan dilengkapi APD, dan mereka berstatus nonreaktif hasil tes cepat Covid-19. Hal itu diutarakan Divisi Sosialisasi KPU Karangasem, Ni Putu Desi Natalia, Senin (7/12/2020).

Logistik pilkada, sebutnya, disalurkan ke delapan kecamatan dengan disimpan di kantor desa. Bagi desa yang lokasi TPS-nya jauh, ada yang didrop pada tanggal 8 Desember 2020. Kesiapan lainnya seperti sosialisasi masih akan terus dibahas, agar menyadarkan masyarakat supaya mau dengan sadar datang ke TPS untuk memilih pemimpin yang tepat.

Bacaan Lainnya

Bagi pemilih yang sedang menjalani perawatan maupun isolasi di rumah sakit, dia berujar sudah bersurat ke rumah sakit di Karangasem untuk minta data seluruh pasien, termasuk pasien Covid-19 yang masih menjalani perawatan. Juga berkoordinasi dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 dan Dinas Kesehatan. Tujuannya, mereka tetap mendapat ruang menyalurkan hak politik.

Saat pemilihan nanti, jelasnya, pemungutan suara pasien akan dilakukan petugas TPS terdekat dengan menggunakan APD lengkap. Para pasien yang berasal dari luar wilayah, ucapnya, akan diberi formulir C5 atau surat pindah memilih.

Baca juga :  Tes Cepat Gratis PKK Karangasem untuk Peringati Hari Ibu

Petugas TPS akan membawakan surat suara sesuai data jumlah pasien, serta dibawakan juga satu bilik lengkap dengan tinta dan alat coblos. Pembedanya, surat suara yang dicoblos pasien akan dimasukkan ke sampul khusus, setelah itu baru dibawa ke TPS untuk dimasukkan ke kotak suara. “Saat ini kami tinggal menunggu data dari rumah sakit saja untuk jumlah pasien yang masih menjalani perawatan,” ulasnya.

Serahkan Santunan PPS yang Meninggal

Di kesempatan terpisah, KPU Karangasem menyerahkan santunan secara simbolis kepada perwakilan keluarga dua anggota PPS yang meninggal saat melaksanakan tugas. Santunan diserahkan Ketua KPU Karangasem, Ngurah Gede Maharjana.

Kedua anggota PPS yang gugur tersebut yakni I Wayan Ladra asal Desa Bungaya Kangin, Bebandem; dan Nyoman Deker Danu Saputra, asal Desa Gegelang, Manggis. Masing – masing perwakilan keluarga menerima santunan senilai Rp36 juta.nad

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.