Jajan Uli Jadi Khas Usaba Dodol di Karangasem

  • Whatsapp
AKTIVITAS pembuatan dodol di salah satu rumah warga Desa Adat Geriana Kangin, Desa Duda Utara, Kecamatan Selat, Karangasem. Foto: ist
AKTIVITAS pembuatan dodol di salah satu rumah warga Desa Adat Geriana Kangin, Desa Duda Utara, Kecamatan Selat, Karangasem. Foto: ist

KARANGASEM – Menjelang Usaba Dodol, sejumlah warga di Desa Adat Geriana Kangin, Desa Duda Utara, Kecamatan Selat, Karangasem mulai menyiapkan segala perlengkapan upakara.

Senin (8/3/2021) warga menyebutnya sebagai hari penyajaan. Pada hari itu kebanyakan warga membuat jajan uli yang akan digunakan sebagai perlengkapan banten sokan, untuk dihaturkan saat Usaba Dodol, Sabtu (13/3/2021).

Bacaan Lainnya

Jajan uli dibuat dengan bahan dasar ketan, tepung beras dan kelapa parut. Hanya, khusus untuk Usaba Dodol, jumlah jajan uli yang dibuat dalam skala cukup banyak. Sebab, untuk membuat satu buah buntilan (bungkusan jajan uli), adonan jajan uli yang digunakan sebanyak dua catu, atau setara 3 kilogram adonan. Takaran jajan bergantung warga yang membuat, bisa jadi menggunakan lebih banyak adonan untuk membuat buntilan lebih besar, ada juga yang lebih kecil.

Jumlah jajan uli yang dibuat bergantung jumlah sokan yang dibuat. Untuk satu sokan perlu sebanyak tiga buntilan dengan ukuran yang sama. Biasanya warga membuat dua buah sokan, satu untuk dihaturkan di Pura Paibon, satu lagi dihaturkan di Pura Dalem.

“Karena jadi kebiasaan, kami tetap membuat seperti tahun sebelumnya. Saya bikin dua buah sokan, untuk jajan uli saya buat dengan adonan ketan 11 kilogram, tepung beras lima kilogram, dan kelapa sebanyak 11 buah,” tutur Nyoman Selamet, warga yang ditemui membuat jajan uli, Selasa (9/3/2021).

Baca juga :  Pasien Terkonfirmasi Corona Sempat Berjualan di Pasar Bebandem

Di samping ukuran, kata dia, yang jadi pembeda dari buntilan jajan uli untuk upacara biasanya pada ikatannya. Biasanya bungkusan jajan uli hanya diikat tiga tali di bagian tengah dan satu di masing-masing tepi. Khusus untuk jajan Usaba Dodol, bungkusan jajan uli diikat enam lingkar ikatan. Dua ikatan terpisah di bagian tengah, dan dua ikatan terpisah di masing-masing pinggir bungkusan.

Selain jajan uli berukuran besar, warga juga membuat jajan uli yang dibungkus berukuran kecil. Meski berukuran kecil, tapi jumlah ikatannya sama dengan yang berukuran besar yaitu sebanyak enam ikatan. nad

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.