Gede Dana Minta Ketahanan Pangan Harus Terjaga Ditengah Wabah Corona

  • Whatsapp
I Gede Dana. Foto: nad
I Gede Dana. Foto: nad

KARANGASEM – Penyebaran pandemi virus Corona makin meluas sejak hampir sebulan ini. Ketua DPRD Karangasem, I Gede Dana, mengimbau seluruh masyarakat Karangasem agar tetap tenang dan tidak panik, namun senantiasa mentaati himbauan pemerintah terkait distansi sosial maupun untuk selalu menjaga kesehatan tubuh melalui perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). ‘’Terutama agar masyarakat rajin mencuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir,’’ kata Gede Dana, Minggu (29/3/2020).

Gede Dana juga mengharapkan Pemkab Karangasem secara masif dan bahu membahu dengan segenap komponen masyarakat bersinergi melakukan pencegahan dan penanganan Covid-19. Keselamatan masyarakat dan petugas medis harus menjadi prioritas, juga mendorong Pemkab Karangasem memberikan semacam insentif bagi petugas medis yang memberikan pelayanan kesehatan terhadap wabah Corona ini.

Bacaan Lainnya

Gede Dana menambahkan, guna mengantisipasi dampak Covid-19, ketahanan pangan dan ketersediaan bahan pokok harus tetap tersedia di pasar, jangan sampai ada beberapa produk langka di pasaran sehingga membuat harga melambung tinggi. Pembatasan pembelian juga dipandang perlu guna mencegah panic buying. Untuk itu Gede Dana mendorong eksekutif mengambil langkah-langkah kongkrit seperti operasi pasar untuk menjaga kestabilan harga bahan pokok.

Baca juga :  Berkas Kasus OTT Perbekel Melinggih Tunggu Pemeriksaan Jaksa

Selain itu, guna mengantisipasi dampak wabah Covid-19 di tingkat desa, menurut pria asal Desa Datah ini, kiranya pemerintah desa dibawah komando DPMD Karangasem agar memfokuskan APBDes untuk pencegahan dan penanganan dampak Covid-19 serta program padat karya tunai untuk memperkuat daya tahan ekonomi perdesaan. ‘’Sesuai arahan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Saya mendorong pemerintah desa dalam perubahan APBDes menganggarkan dua hal tadi, guna senantiasa menjaga daya beli masyarakat desa,’’ pungkas Gede Dana. 017

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.