Elektronifikasi Pajak MBLB, Bank BPD Bali Kerja Sama dengan BPKAD Karangasem

BANK BPD Bali Cabang Karangasem melakukan penandatanganan PKS pemungutan dan pembayaran pajak MBLB secara elektronik dengan BPKAD Kabupaten Karangasem di Galian MBLB, Desa Sebudi, Kamis (14/4/2022). Foto: ist

KARANGASEM – PT Bank Pembangunan Daerah (Bank BPD Bali) Cabang Karangasem melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) pemungutan dan pembayaran pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan (MBLB) secara elektronik dengan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Karangasem.

Jalinan kerja sama ini, terkait pembayaran pajak MBLB secara elektronik. Saat ini, pajak MBLB merupakan sumber PAD terbesar Kabupaten Karangasem dan tahun ini target pembayaran pajak MBLB sebesar Rp75 miliar.

Bacaan Lainnya

Penandatanganan kerja sama ini dilaksanakan di Galian MBLB daerah Desa Sebudi pada Kamis (14/4/2022). Hadir dalam acara ini Kepala BPKAD Kabupaten Karangasem, Kepala Divisi TIF Bank BPD Bali dan Kepala Bank BPD Bali Kantor Cabang Karangasem.

‘’Dalam rangka mencapai penerimaan daerah yang bersumber dari pajak, upaya untuk melakukan digitalisasi terus dilakukan. Diawali dengan penggunaan elektronik faktur dan akan dilanjutkan dengan pembangunan tol gate yang rencananya akan selesai pada Agustus 2022. Harapan saya, kita bisa memberikan penerimaan yang optimal untuk Kabupaten Karangasem,’’ ujar Kaban BPKAD Kabupaten Karangasem, I Wayan Ardika.

Bank BPD Bali sebagai bank pengelola RKUD sekaligus anggota Tim Percepatan Perluasan Digitalisasi Daerah terus berupaya memberikan dukungan kepada pemerintah daerah, khususnya dalam hal optimalisasi penerimaan daerah salah satunya dalam hal elektronifikasi pajak MBLB.

Baca juga :  Shin Tae-yong Batasi Penggunaan Medsos Timnas U-19 Indonesia

‘’Melalui penandatangan PKS ini kami harapkan dapat menjadi awal yang baik dalam elektronifikasi penerimaan pajak MBLB, mengingat Kabupaten Karangasem merupakan satu-satunya kabupaten yang memiliki galian MBLB yang cukup luas sehingga potensi tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik demi peningkatan PAD,” ujar Kepala Bank BPD Bali Cabang Karangasem, Ketut Andayana Kusuma Yasa.

Dijelaskan, digitalisasi pajak MBLB diawali dengan digitalisasi pengawasan pajak MBLB melalui penggunaan e-faktur MBLB dan tol gate MBLB. Selanjutnya akan dilaksanakan pembayaran pajak MBLB melalui QRIS, mobile banking, internet banking, E-Ticketing dan E-Commerce.

BPKAD Karangasem optimis elektronifikasi pajak MBLB dapat memberikan harapan dalam optimalisasi PAD, khususnya dalam konsidi pandemi Covid-19. nan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.