Drama Lima Gol, Sundulan Dumfries Tentukan Kemenangan Belanda Atas Ukraina

  • Whatsapp
BEK Belanda Denzel Dumfries (kedua dari kiri) melakukan selebrasi setelah menjebol gawang Ukraina sekaligus menjadi gol penentu kemenangan 3-2 Der Oranje pada laga Grup C Piala Eropa 2020, di Johan Cruyff Arena di Amsterdam, Minggu (13/6/2021) atau Senin (14/6/2021) dinihari waktu Indonesia. foto: antaranews

GOL sundulan bek Denzel Dumfries menjadi penentu kemenangan Belanda atas Ukraina yang diwarnai drama lima gol nan menegangkan pada penyisihan Grup C Euro 2020, di Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Senin (14/6/2021) dinihari waktu Indonesia.

Georginio Wijnaldum memecahkan kebuntuan Belanda pada menit ke-52, lanjut digandakan Wout Weghorst, tujuh menit berselang. Namun, Ukraina bangkit menyamakan skor 2-2 melalui gol Andriy Yarmolenko dan Roman Yarmechyj pada menit ke-75 dan 79. Dumfries akhirnya mengantarkan Belanda menang 3-2 lewat golnya pada menit ke-85.

Bacaan Lainnya

Pertandingan ini berjalan sengit sejak kickoff meskipun tidak tercipta gol pada babak pertama. Mempis Depay langsung menguji kiper Ukraina Georgiy Bushchan pada menit kedua babak pertama sebelum upaya golnya dihentikan Bushchan. Tiga menit kemudian Wijnaldum mendapati tendangannya diblok Bushchan yang menjadi salah satu penyelamatan gemilanhnya.

Sebaliknya pada menit ke-15 Yaremchuk melancarkan percobaan pertamanya menciptakan gol namun dimentahkan kiper Marteen Stekelenburg di tiang dekat. Pada menit ke-30 Yarmolenko mencoba lagi menjebol gawang Belanda, tapi tak berhasil setelah kembali dimentahkan Stekelenburg.

Sedangkan Denzel Dumfries yang meneruskan rancangan Depay juga gagal menaklukkan Ukraina sepuluh menit kemudian setelah Bushchan melakukan penyelamatan gemilang.

Baca juga :  Update Covid-19 di Bali: Pasien Sembuh Melonjak 168 Orang, Meninggal Bertambah 8

Kedudukan 0-0 bertahan sampai 12 menit pertama babak kedua ketika Wijnaldum memecahkan kebuntuan pada menit ke-52 ketika dia memanfaatkan antisipasi tidak sempurna kiper Georgiy Bushchan yang maju mencegat umpan silang Denzel Dumfries dari kiri lapangan.

Bushchan malah menepis bola ke arah Wijnaldum yang tak ayal melesakkan bola ke sudut atas kiri gawang Ukraina melewati Bushchan yang sudah terjatuh. Tidak menunggu lama, pada menit ke-59 Wout Weghorst menggandakan kedudukan bagi Belanda setelah didahului kemelut yang tercipta karena Dumfries di dalam kotak penalti Ukraina.

Butuh sekitar seperempat jam bagi Ukraina untuk bangkit mengatasi defisit dua gol. Andriy Yarmolenko yang beberapa menit sebelumnya menguji Marteen Stekelenburg dari jarak kali ini pada menit ke-75 tak memberi ampun kepada Stekelenburg dengan tendangan melengkung yang tak bisa dijangkau kiper Belanda ini.

Ukraina makin bersemangat dan empat kemudian pada menit ke-79 sundulan Yaremchuk yang memanfaatkan tendangan bebas menghantarkan Ukraina untuk kedua kali menaklukkan Stekelenburg.

Pertandingan semakin sengit, tetapi akhirnya Belanda yang keluar sebagai pemenang ketika pada menit ke-85 Dumfries menyambut umpan silang dengan kepala dari luar kotak penalti yang dikirim Nathan Ake yang diarahkan ke gawang Ukraina tanpa bisa dihalau Bushchan. Ini adalah gol pertama Dumfries untuk Timnas Belanda.

Ukraina berusaha membalas kembali gol ini sampai lima menit waktu tambahan tapi tak berhasil menambah golnya dan Belanda pun memetik kemenangan pertamanya dalam Euro 2020 sebaliknya Ukraina menelan kekalahan keempat dalam empat laga putaran final Piala Eropa terakhirnya. ant/yes

               KLASEMEN SEMENTARA GRUP C

    1.Austria           1   1   0   0   (3-1)   3
    2.Belanda           1   1   0   0   (3-2)   3
    3.Ukraina           1   0   0   1   (2-3)   0
    4.Makedonia Utara   1   0   0   1   (1-3)   0

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.