Disel Usul KRBB Usung Paket “Selatan-Utara”, Komit Dukung Diatmika-Muntra Jadi Paslon

  • Whatsapp
DISEL Astawa (dua kanan) saat menjadi tamu kehormatan dalam Musda Golkar Badung, Sabtu (25/7/2020). Dia mengusulkan paket yang diusung KRBB untuk Pilkada 2020 mempertimbangkan komposisi selatan-utara. Foto: gus hendra
DISEL Astawa (dua kanan) saat menjadi tamu kehormatan dalam Musda Golkar Badung, Sabtu (25/7/2020). Dia mengusulkan paket yang diusung KRBB untuk Pilkada 2020 mempertimbangkan komposisi selatan-utara. Foto: gus hendra

MANGUPURA – Paket IGN Agung Diatmika-Wayan Muntra hampir final menjadi jagoan Koalisi Rakyat Badung Bersatu (KRBB) untuk Pilkada Badung 2020. Namun, meski dalam koalisi, usul kontroversial diutarakan Ketua DPC Partai Gerindra Badung, Wayan Disel Astawa, Minggu (26/7/2020). Dia melempar wacana paket KRBB mempertimbangkan “selatan-utara”, bukan lagi “utara-selatan” seperti saat ini. Apa maksudnya?

“Selama ini komposisinya kan Badung Utara nomor satu, Badung Selatan nomor dua seperti paket Agung Gde Agung-Sudikerta dan Giri Prasta-Suiasa. Itu sekian lama berlangsung, apa tidak bisa dibalik?” cetus politisi asal Ungasan, Kuta Selatan tersebut.

Lebih jauh dipaparkan, wacana itu bukan karena eksklusivitas wilayah, terlebih dia pribadi dari Badung Selatan. Kata dia, gagasan itu justru mempertimbangkan fakta yang menjadi tulang punggung pariwisata dan pompa uang Badung ada di kawasan selatan. Dari Kuta sampai Kuta Selatan. Menghadirkan calon Bupati dari selatan dinilai relevan sebagai bentuk penghormatan atas kerja keras dan sumbangsih warga di selatan.

Baca juga :  Sumbangan Devisa Bali Jadi Posisi Tawar Pemulihan Ekonomi

Disinggung gagasan itu sebentuk sebangun dengan mengusik komitmen dalam KRBB, Disel tegas menolak. Sebagai nakhoda Gerindra Badung, dia menjamin Diatmika dan Muntra akan menjadi penantang Giriasa. Komitmennya adalah mendukung keduanya dengan menyediakan koalisi sebagai kendaraan. “Bukan berarti saya tidak mendukung Pak Diatmika sebagai calon Bupati, bukan juga mengenyampingkan komitmen. Mari kita belajar lihat bagaimana kondisi dan fakta lapangan,” seru anggota Komisi 4 DPRD Bali tersebut.

Disel juga membantah saat disodori pertanyaan ide nyeleneh itu lahir sebagai bentuk lain kekecewaan, lantaran tidak diajak komunikasi sejak awal lahirnya paket Diatmika-Muntra. Namun, dia tidak menjawab lugas saat disentil gagasannya itu bagian dari permainan politik untuk posisi tawar dalam koalisi. “Intinya saya tetap komit di KRBB, tapi aspirasi masyarakat di selatan juga mesti jadi bahan pertimbangan,” tandas Bendesa Adat Ungasan itu.

Baca juga :  Dewan Minta Bupati Gianyar Fokus Tangani Covid-19

Ketua KRBB, AA Bagus Tri Candra Arka, yang dimintai tanggapan, menegaskan paket Diatmika-Muntra merupakan barang sudah jadi. Jika sekarang dikutak-katik lagi, dia menilai itu tidak elok. Apalagi deklarasi paket itu ke publik sesuai kesepakatan para ketua parpol di KRBB. “Bagi saya sekarang saatnya koalisi fokus mengamankan kesamaan visi yang ada. Kalau dimasalahkan lagi, ya sama dengan kembali ke belakang,” kata politisi dengan panggilan Gung Cok itu.

Lebih jauh dikatakan, munculnya Diatmika-Muntra bukan karena didorong-dorong mantan Bupati Badung seperti AA Gde Agung dan Wayan Subawa. KRBB sejak lama menginventarisir nama-nama tokoh yang diproyeksikan menjadi calon. KRBB juga pernah minta Disel untuk menjadi calon Bupati, tapi dia menolak halus dengan sejumlah pertimbangan. Keterusterangan Disel itu dinilai sebagai sikap ksatria.

Baca juga :  Pengusaha di Gianyar Bagikan Bibit Sayuran Gratis

Bagaimana KRBB menyikapi gagasan paket selatan-utara itu? “Ya gimana ya? Barang sudah jadi. Saya kontak Pak Disel aja deh nanti,” sahutnya.

Terlepas dari gagasan Disel, sebelumnya Wayan Muntra yang asal Badung Selatan berkata legowo menjadi calon di posisi nomor dua alias Wakil Bupati. “Undang-Undang itu mengamanatkan paket, ada nomor satu dan nomor dua, masa keduanya jadi nomor satu?” jawabnya di DPD Partai Golkar Bali, Jumat (24/7/2020) lalu. hen

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.