Cegah Klaster Covid-19, Kelurahan Sumerta Gencarkan Monitoring di Pasar Ketapian

  • Whatsapp
SUASANA di Pasar Ketapian Denpasar yang rutin dimonitor petugas Kelurahan Sumerta. foto: ist

DENPASAR – Kelurahan Sumerta bersama Satgas Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kelurahan Sumerta secara keberlanjutan melakukan monitoring dan sosialisasi protokol kesehatan berniaga sekaligus atensi pengurangan penggunaan tas plastik di Pasar Ketapian Denpasar, Selasa (1/9/2020).

Lurah Sumerta I Wayan Eka Apriana mengatakan, menghadapi tatanan adaptasi kebiasaan baru atau new normal, Kelurahan Sumerta telah melakukan berbagai upaya dan kesiapan dalam upaya pencegahan meningkatnya klaster penularan covid-19.

Bacaan Lainnya

Monitoring dan sosialisasi protokol kesehatan berniaga harus dilakukan secara berkelanjutan khususnya di pasar tradisional. Hal itu harus dilakukan karena meningkatnya kasus positif covid-19. Selain itu penyebaran virus covid-19 secara transmisi lokal banyak terjadi di lingkungan pasar.

“Untuk itu upaya pencegahan penularan covid-19 di kota Denpasar khususnya di Kelurahan Sumerta adalah dengan melakukan monitoring dan sosialisasi tentang protokol kesehatan di Pasar Ketapian dan sekitarnya,” ungkap Eka.

Lebih lanjut ia menjelaskan monitoring dan sosialisasi protokol kesehatan berniaga yang diberikan dalam kegiatan ini adalah mengingatkan para pedagang maupun pengunjung agar mengikuti protokol kesehatan yakni selalu menggunakan masker, sering cuci tangan, jaga jarak, tidak keluar rumah jika tidak ada kepentingan mendesak dan para pedagang wajib menggunakan face shield ketika berjualan.

Baca juga :  Perlu Lajur Khusus Bus Trans Metro Dewata

Disamping itu juga diatensi pengurangan penggunaan tas plastik yang dikonversi dengan menggunakan tas belanja ramah lingkungan.

“Supaya protokol kesehatan berniaga ini selalu ditaati, bagi yang melanggar diberikan sanksi sosial seperti mengalungkan tanda bahwa orang bersangkutan tidak menggunakan masker tidak pada tempatnya,”ujarnya.

Dalam upaya pencegahan penularan covid-19 khusus di Pasar Ketapian telah dilakukan penyemprotan desinfektan secara rutin. Namun untuk sekitar pasar, penyemprotan dilakukan oleh satgas lingkungan. Satgas Kelurahan juga ikut berperan secara berkala dan berkelanjutan.

Sesuai arahan Walikota Denpasar, Eka berharap melalui upaya ini menjadi salah satu tindakan pencegahan dan menekan penyebaran covid-19 di Kota Denpasar khususnya di Kelurahan Sumerta. Dengan kegiatan ini, diharapkan kesadaran masyarakat, kemauan dan kedisiplinan mengikuti protokol kesehatan semakin meningkat. yes

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.