Viral Keindahan Sirkuit Mandalika Jelang MotoGP

LINTASAN sirkuit Mandalika yang lokasinya tidak jauh dengan Pantai Kuta Mandalika yang memiliki pasir berwarna putih. Keindahan dan daya tariknya tersebut membuat sirkuit ini tercantik di dunia. Foto: ist

MATARAM – Balapan MotoGP akan digelar di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat, pada 18-20 Maret mendatang. Beberapa hari jelang MotoGP Mandalika, keindahan Sirkuit Mandalika sudah viral di media sosial.

Akun Twitter media otomotif ternama Crash pada Jumat (11/3/2022) mengunggah sebuah video berdurasi 56 detik yang memperlihatkan pemandangan indah Sirkuit Mandalika dari ketinggian. ‘’Sirkuit Mandalika benar-benar cantik,’’ tulis pihak Crash.

Bacaan Lainnya

Banyak netizen juga mengunggah foto-foto kondisi terkini Sirkuit Mandalika jelang menggelar balapan MotoGP akhir pekan depan.

Pujian juga disampaikan oleh tim Pramac Racing melalui akun Instagram resmi mereka. Mereka mengunggah enam foto garis kerb pada sirkuit dari dekat dengan nuansa merah-putih.

Selain Pramac, tim KTM juga mengaku tidak sabar menjalani balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika. Tim asal Austria itu juga mengunggah sejumlah foto-foto Sirkuit Mandalika dari hasil tes pramusim.

The Mandalika Circuit is just beautiful
RoadGrip #MotoGP pic.twitter.com/SCXruNRa5S
— Crash MotoGP (@crash_motogp) March 11, 2022

Wajar saja, jika Sirkuit Mandalika, saat ini, terus menjadi sorotan dunia. Apalagi, Sirkuit tersebut dinobatkan menjadi sirkuit tercantik dunia versi MotoGP. Dengan pemandangan alam yang indah seperti bukit, hutan dan juga pantai lautnya. Hal tersebut membuat banyak orang terpukau karena keindahan alam yang ditawarkannya.

Baca juga :  Patung Sang Kala Trisemaya Akan Hiasi Jalan Gajah Mada Denpasar

Eks pebalap Moto2 asal Indonesia, Doni Tata Pradita, bahkan bersiap menyaksikan MotoGP di Lombok. Menurut dia, keberadaan MotoGP di Indonesia, yakni di Sirkuit Mandalika, justru merupakan momen yang langka setelah lebih dua dekade Indonesia tidak menjadi tuan rumah.

“Indonesia saat ini tengah menjadi sorotan dunia dengan menjadi tuan rumah MotoGP di Sirkuit Mandalika. Saya sangat antusias menantikan balapan di sini,” jelas Doni, Sabtu (12/3/2022).

Menurut dia, keindahan memang nomor satu di Sirkuit Mandalika. Namun keramahan penduduk juga menjadi nilai tersendiri. “Sirkuit Mandalika sangat keren dengan pemandangannya, layout, dan semuanya. Masyarakat yang ramah juga menjadi nilai tersendiri,” tegas Doni.

Doni mengaku, telah memiliki pengalaman mengunjungi sirkuit-sirkuit balap di dunia. Hanya saja, Mandalika menurut dia paling berkesan. Seperti menikmati liburan yang tenang. Kekaguman tersebut membuat Doni ingin kembali balapan menjajal Sirkuit Mandalika meskipun kini telah pensiun.

‘’Semoga mendapat kesempatan menjajal sirkuit. Setelah vakum membalap, sekarang kita punya sirkuit internasional. Rasanya ‘gatal’ ingin nge-gas lagi mencoba Sirkuit Mandalika,’’ tegasnya.

Doni berharap, adanya keberadaan Sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi NTB akan dapat melahirkan banyak atlet balap di Indonesia.

Senada dengan Doni. Mantan pembalap GP 500 cc sekaligus komentator tetap MotoGP. Simon Crafar, mengatakan, sirkuit Mandalika ini menawarkan pemandangan yang sangat berbeda dari lokasi-lokasi lainnya.

Baca juga :  BI Bali Tutup Sementara Layanan Kas Keliling

Bahkan, ia juga menganggap Sirkuit Mandalika jadi salah satu lokasi dengan pemandangan alam terbaik dibandingkan trek-trek lainnya. ‘’Saya rasa sirkuit tersebut punya keindahan alam, seperti bukit, hutan dan laut yang terbaik dari lokasi lainnya,’’ jelasnya, dikutip dari channel Youtube MotoGP, Kamis (10/3/2022).

Terkait dengan layout treknya, Simon sempat mencoba mengitari Sirkuit Mandalika bersama pembalap tim Ducati Lenovo, Jack Miller. Simon Crafat mengaku, cukup terkesan dengan banyaknya tikungan yang ada di Sirkuit Mandalika.

Baginya, sirkuit Mandalika ini bakal menawarkan tantangan tersendiri buat para pebalap MotoGP. Terlebih treknya hanya punya dua jalur lurus saja, yakni di depan paddock menuju tikungan 1 dan sebelum tikungan 10.

‘’Saya suka dengan layoutnya dan saya rasa mayoritas pembalap MotoGP akan suka dengan Sirkuit Mandalika,’’ lanjutnya.

Ia juga menyebutkan, penonton akan melihat para pembalap memperebutkan posisi di tikungan ketimbang di jalur lurus. Mengerti hal ini, Simon Crafar memprediksi ada dua tim yang kemungkinan bakal diuntungkan dengan layout Sirkuit Mandalika.

‘’Pertama jelas tim Yamaha dan kedua ada tim Suzuki yang juga sama-sama punya karakter cepat di tikungan,’’ tandasnya. rul

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.