Minyak Goreng Makin Langka di Mataram, Pedagang Gorengan: Kalaupun Ada, Dijual Rp22.000 Seliter

SALAH satu penjual gorengan di kawasan Kota Mataram yang mengeluhkan langkanya minyak goreng akhir-akhir ini. Foto: rul

MATARAM – Sejumlah penjual gorengan di dua wilayah di NTB, yakni Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Barat, mengeluhkan ketersediaan minyak goreng di pasaran. Mereka yang tiap hari membutuhkan minyak goreng untuk menggoreng gorengan merasa kesulitan.

Salah seorang penjual gorengan, Andre Tigor, mengaku keberadaan minyak goreng minggu-minggu ini susah didapatkan, dan tidak seperti pada beberapa waktu yang lalu. ‘’Nyarinya susah sekali, di toko-toko enggak ada,’’ ucap Andre Tigor saat menggoreng gorengan di kawasan Gomong, Kota Mataram, Sabtu (12/3/2022).

Bacaan Lainnya

Kalau pun mendapatkan minyak goreng, pembeliannya tidak boleh semaunya dan telah ditentukan. ‘’Kadang di supermarket cuman 2 liter, kadang kalau kesiangan sudah enggak ada lagi,’’ kata dia.

Andre Tigor berkata, selain keberadaan yang susah didapat, harganya pun juga semakin meroket. Padahal biasanya minyak goreng premium dijual sekitar Rp13.000 per liter. ‘’Harga minyak goreng masih naik terus, per liter itu bisa Rp22.000. Keluhannya seharusnya diturunkan, dibikin normal dan barangnya ada,’’ ujarnya mengeluh.

Pria yang mengaku sudah sembilan tahun menjajakan gorengan itu, mengaku perlu mencari cara agar usahanya sebagai penjual gorengan tetap berjalan. ‘’Ya caranya harus ada strateginya, jadi ngangsur sedikit-sedikit, ada 2 liter 3 liter dikumpulkan tiap hari harus nyari, untuk stok besok, kalau enggak gitu ya kita enggak kerja,’’ tutur Tigor lirih.

Baca juga :  Sambut PON XX (2-15 Oktober 2021), Pemerintah Percepat Vaksinasi Covid-19 di Papua

Ricky penjual gorengan di kawasan Pasar Gunungsari, Lombok Barat, mengungkapkan hal serupa. Ia harus membeli minyak goreng seharga Rp22.000 per liter. Padahal biasanya harganya Rp14.000. ‘’Seharusnya dari pemerintah ada turun, tapi kok belum turun,’’ kata Ricky yang tiap hari membutuhkan 12 liter minyak goreng untuk jualannya. rul

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.