Vaksinasi Rabies 2021, Distan Buleleng Siapkan 67.300 Vial Dosis Vaksin Rabies

  • Whatsapp
KEGIATAN vaksinasi rabies pada anjing beberapa waktu lalu yang dilakukan Distan Buleleng. Foto: rik
KEGIATAN vaksinasi rabies pada anjing beberapa waktu lalu yang dilakukan Distan Buleleng. Foto: rik

BULELENG – Dinas Pertanian (Distan) Buleleng gencar melakukan vaksinasi rabies pada hewan anjing. Distan Buleleng menyiapkan sebanyak 67.300 vial dosis vaksin rabies untuk pelaksanaan vaksinasi rabies tahun 2021. Ini sebagai upaya mengantisipasi meluasnya kasus rabies.

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan Distan Buleleng, Made Suparma, mengatakan, vaksinasi rabies ini memprioritaskan desa dan kelurahan yang merupakan zona merah kasus gigitan anjing positif rabies. Setelah itu, baru menyasar wilayah zona kuning. “Vaksinasi ini terus bergulir hingga akhir tahun dengan target anjing yang disuntik vaksin antirabies sebanyak 100 ribu ekor,” kata Suparma, Selasa (20/4/2021).

Bacaan Lainnya

Sejauh ini Distan mempunyai stok vaksin rabies sebanyak 2.300 vial, yang dibeli menggunakan APBD Buleleng tahun 2021. Selain itu, ada tambahan stok vaksin yakni sebanyak 65.000 vial, bersumber bantuan dari Pemerintah Pusat. Total stok vaksin rabies yang disimpan Distan Buleleng mencapai 67.300 vial.

“Jumlah vaksin tersebut mencukupi untuk dapat mendukung kegiatan vaksinasi selama tahun 2021. Jika nanti stok vaksin ternyata masih kurang, kami akan segera untuk mengajukan bantuan ke Dinas Pertanian Provinsi Bali,” ujar Suparma.

Diakui Suparma, untuk angka kasus gigitan anjing yang positif tertular rabies kini mengalami penurunan. Tahun ini baru ditemukan 5 kasus gigitan anjing positif rabies yakni di Kecamatan Gerokgak, Sawan, dan Buleleng. Pada tahun 2020 lalu ditemukan 12 ekor anjing positif rabies. Angka ini turun dibandingkan tahun 2019 dengan jumlah kasus gigitan positif rabies sebanyak 31.

Baca juga :  Harga Vaksin Corona Sekitar Rp200 Ribu

“Ada penurunan, sehingga sesuai arah kebijakan dari pemerintah, vaksin rabies massal ini terus kami genjot, dan ini salah satu cara untuk terus menekan kasus gigitan anjing rabies,” jelas Suparma.

Selama tahun 2021 hingga bulan April, sebut Suparma, sudah ada 2.799 ekor anjing liar di Buleleng disuntik vaksin rabies. Dan ini sudah mencapai 19 persen dari total estimasi populasi anjing liar sebanyak 105.155 ekor. rik

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.