Unggul Rekor Pertemuan, Indonesia Diunggulkan, Shin Tae-yong Tak Mau Remehkan Filipina

POSMERDEKA.COM, JAKARTA – Timnas Indonesia akan berjumpa Timnas Filipina pada matchday pamungkas (keenam) Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/6/2024) malam pukul 20.30 WITA.

Pada pertandingan ini Indonesia masih memiliki asa untuk lolos ke ronde (babak) ketiga, sedangkan Filipina sudah dipastikan gugur dengan status juru kunci Grup F. Laga lain di Grup F yang digelar bersamaan, Vietnam juga membawa asa dengan target kemenangan di markas Timnas Irak.

Bacaan Lainnya

Menjelang pertemuan antara dua negara asal Asia Tenggara ini, Indonesia diunggulkan karena memiliki catatan dominan ketika menghadapi The Azkals (julukan Filipina). Tercatat dari 25 pertemuan di berbagai ajang, Indonesia mampu mengamankan 20 kemenangan, sedangkan empat lainnya berakhir imbang dan Filipina hanya mampu menorehkan satu hasil sempurna.

Sementara itu, pada 10 pertemuan terakhir kedua negara, Indonesia tetap lebih baik setelah menorehkan lima kemenangan, empat laga berakhir imbang dan menelan satu kekalahan. Tercatat satu-satunya kemenangan Filipina terjadi pada Piala AFF 2014 silam, Kurnia Meiga dan kolega ketika itu takluk dengan skor telak 0-4.

Meski unggul rekor pertemuan, Indonesia tetap harus mewaspadai Filipina karena pada pertemuan terakhir kedua negara di Manila, November tahun lalu, laga berakhir dengan skor imbang 1-1. Pertandingan nanti tentu menjadi partai hidup mati untuk skuad asuhan Shin Tae-yong dalam menentukan nasib mereka untuk lolos ke ronde selanjutnya.

Baca juga :  Ratusan Offroader Ramaikan Speed Erawang Adventure Trail di Kintamani

Optimistis
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong meminta publik sepa bola Indonesia memberi kepercayaan kepada kemampuan tim asuhannya. “Saya tidak begitu khawatir untuk pertandingan yang ini karena kita pasti akan siap untuk mendapatkan tiket ke round tiga, jadi mohon kepercayaannya dari masyarakat Indonesia kepada para pemain timnas kita,” harap Shin Tae-yong, Senin (10/6/2024).

Pelatih asal Korea Selatan itu memastikan ia tetap mempersiapkan timnya dengan baik, meski secara kualitas Filipina berada di bawah Indonesia. Pelatih Shin yakin dengan kemampuan tim asuhannya tetapi sama sekali tidak mau meremehkan sang lawan.

“Seperti semua orang tahu, tidak ada tempat lagi untuk kita mundur. Tidak boleh juga kita mundur. Tim Filipina walaupun gagal lolos pastinya akan berjuang keras juga lawan Indonesia. Sama juga kita akan bekerja semaksimal mungkin agar kita bisa memberikan kemenangan kepada para fans,” ucap Shin Tae-yong, yang dilansir posmerdeka.com dari antaranews.

Pada pertandingan sebelumnya melawan Irak, Indonesia sebenarnya cukup mampu mengimbangi sang lawan yang memiliki peringkat FIFA jauh lebih baik. Namun beberapa kesalahan pemain timnas, yang klimaksnya adalah blunder kiper Ernando Ari, membuat Tim Garuda menelan kekalahan 0-2.

Menyikapi kesalahan-kesalahan yang sempat dilakukan anak-anak asuhnya, terutama Ernando,Shin Tae-yong menilai sang pemain telah mendapat evaluasi dan akan tampil lebih baik jika diberi kesempatan bermain.

Baca juga :  Wisatawan Lokal Dibuka, Pesanan Akomodasi Mulai Muncul

“Memang (Ernando) kemarin melakukan kesalahan fatal. Saya pun mengakuinya. Tetapi dengan kesalahan-kesalahan tersebut pemain bisa berkembang menjadi lebih baik, jadi saya tidak mempermasalahkan kesalahan tersebut. Ernando dalam persiapan yang baik juga,” pungkas Shin Tae-yong. yes

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.