Tiga Bulan, Perumda TAB Tabanan Cabut 163 SR

  • Whatsapp
PERUMDA TAB Tabanan menyiagakan petugas lapangan dan teknisi, guna mengantisipasi terjadi gangguan air bersih, termasuk pada saat hari raya Galungan dan Kuningan mendatang. Foto: ist
PERUMDA TAB Tabanan menyiagakan petugas lapangan dan teknisi, guna mengantisipasi terjadi gangguan air bersih, termasuk pada saat hari raya Galungan dan Kuningan mendatang. Foto: ist

TABANAN – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Amertha Buana (TAB) Tabanan mencabut 163 sambungan rumah (SR), yang dilakukan dalam tiga bulan terakhir hingga Maret 2021. Humas Perumda TAB Tabanan, Wayan Agus Suanjaya, mengungkapkan hal itu, Rabu (7/4/2021).

Rincian dari jumlah SR yang dicabut sebanyak itu, antara lain pada Januari 2021 sebanyak 49 SR, Februari 60 SR, dan Maret 54 SR. “Sebagian besar karena rumah kosong atau tak berpenghuni di perumahan, yang dijadikan investasi. Untuk pencabutan sambungan, kami sudah sesuai prosedur. Jika dalam jangka waktu empat bulan berturut-turut tidak membayar, maka otomatis akan dicabut,” ungkapnya.

Bacaan Lainnya

Suanjaya yang juga didampingi Kabag Hubungan Langganan, Budi Setiawan, juga ada beberapa faktor lain berkurangnya SR. “Di antaranya ada beberapa yang merupakan sebagian kecil pelanggan yang mengundurkan diri, karena ada di desa yang mengelola PAM (perusahaan air minum) swadaya. Tapi itu jumlahnya sangat kecil,” imbuh Budi Setiawan.

Terlepas dari hal itu, baik Suanjaya dan Budi juga mengatakan bahwa Perumda TAB tetap mengoptimalkan pelayanan menjelang hari raya Galungan dan Kuningan, yang jatuh pada 14 dan 24 April 2021. Pihaknya pun melakukan berbagai persiapan untuk memastikan pasokan air minum kepada para pelanggan terpenuhi. Di antaranya dengan melakukan pengecekan pipa induk, guna menghindari kebocoran yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu.

Baca juga :  Pilkada Denpasar Diramaikan Isu Calon Boneka

“Petugas lapangan dan teknisi sekitar 15 orang akan tetap siaga untuk mengantisipasi terjadi gangguan, terutama saat hari Penampahan Galungan, yang biasanya pemakaian air meningkat. Sementara pada hari raya Galungan, penggunaan air biasanya tidak begitu meningkat tajam, karena masyarakat fokus melaksanakan persembahyangan,” ujarnya.

Di samping itu, pelanggan juga diminta untuk melakukan penyetokan air. Stok air dimaksud, diharapkan dapat meminimalkan kekurangan air, jika sewaktu-waktu terjadi hambatan.

Suanjaya mengatakan, sampai per Maret 2021, Perumda TAB memiliki 59.716 SR. Dari target sambungan baru 1.300 SR pada 2021, hingga per Maret 2021 tercapai 252 SR. “Kendatipun masih dalam masa pandemi Covid-19, Perumda TAB tetap optimistis jika jumlah yang ditargetkan itu akan tercapai hingga akhir 2021,” sebutnya.

Ditambahkan pula bahwa untuk info pengaduan terkait pelayanan Perumda TAB Tabanan, ada bebera nomor yang bisa dihubungi pelanggan. Di antaranya info pengaduan dengan nomor WA 081999961400 dan kantor pusat (0361) 9311213 – 9311706. gap

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.