Tersangkut Kabel Melintang, Pemotor Terpelanting, PLN Sebut Milik Provider Telekomunikasi

  • Whatsapp
KORBAN tersangkut kabel mengalami sejumlah luka. Foto: ist

GIANYAR – Akibat tersangkut kabel melintang di Simpang Lebih di Jalan IB Mantra, pengendara motor NMax terpelanting hingga menderita sejumlah luka, Jumat (7/1/2022) malam. Pemotor bernama Asep Muryadi (40) tersebut diduga tidak melihat ada kabel melintang di tengah jalan.

Asep yang asal Buitan, Manggis, Karangasem itu menuturkan, dia tidak melihat kabel melintang cukup rendah, sampai dia tersangkut. Kecelakaan bermula ketika dia melaju dari arah Denpasar menuju Karangasem. “Tidak terlihat ada kabel. Hidung saya yang kena kabel dan tersangkut di helm,” kisahnya.

Bacaan Lainnya

Jeratan kabel menyebabkan tubuh Asep tertarik ke belakang, kemudian terlempar dari sepeda motor. Motor pun jatuh ke kiri. Akibat kejadian itu, Asep mengalami sejumlah luka, ditambah sepeda motornya rusak.

Asep mengaku lukanya terpaksa diobati di rumah saja. “Setelah kecelakaan, bertemu polisi dan rekan BPBD Gianyar, lalu saya langsung pulang, nggak ke klinik. Kebetulan lagi nggak ada biaya,” cetusnya bernada lirih.

Mengenai kerusakan motornya, dia berkata bingung juga karena biaya perbaikannya lumayan besar. Motor bagian kiri pecah, bagian mesin juga ada yang rusak. Speedometer dan stang sampai mepet saking kerasnya benturan dengan aspal.

Baca juga :  Diduga Karena Ini, Empat Lumba-lumba Terdampar di Pantai Padanggalak

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gianyar, Gusti Ngurah Dibya Presasta, membenarkan adanya kabel yang kendor melintang mengganggu pengendara lalu lintas.

“Sudah ada korban. Dari relawan kami rescue (menolong),” katanya saat dimintai tanggapan, Minggu (9/1). Dia juga mengungkap korban kecelakaan mengalami luka lecet di bagian leher, siku dan pinggang belakang.

Setelah kecelakaan, jelasnya, arus lalu lintas sempat tersendat. Masyarakat juga ikut membantu mengamankan korban. Dia menambahkan, karena kondisi itu, bus tidak berani melintas.

Sempat berkoordinasi dengan PLN, tapi petugas PLN yang langsung turun ke lokasi mengaku yang melintang itu bukan kabel PLN. “Belum jelas pemilik kabel. Katanya kabel Internet,” tegasnya.

Kapolsek Gianyar, Kompol Putra Astawa, mendaku polisi ikut turun melakukan pengamanan arus lalu lintas. “Piket fungsi dipimpin Pawas dan Bhabinkamtibmas melaksanakan pengaturan lalin, mengingat ada kabel melintang di jalan,” paparnya.

Di bagian lain, Manajer Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Gianyar, Ketut Suastika, membenarkan petugasnya mengecek kabel penyebab kecelakaan tersebut. Karena itu dia berani memastikan itu bukan kabel PLN, melainkan kabel komunikasi.

“Mohon maaf sebelumnya, untuk kabel optik yang mengenai pengendara motor, kami belum mengetahui provider siapa yang mempunyai karena tidak ada tanda khususnya. Yang jelas bukan PLN, petugas PLN membantu mengamankan,” urainya.

Suastika tak memungkiri masyarakat mengira kabel tersebut milik PLN. “Sebab mindsetmasyarakat setiap lihat kabel langsung tertuju ke PLN, padahal kabel banyak punya provider komunikasi,” tandasnya. adi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.