Peresmian Alun-alun Bangli Didahului Upacara Manca Kelud

  • Whatsapp
PEMKAB Bangli menyiapkan agenda peresmian Alun-alun Kota Bangli yang direncanakan pada 12 Januari mendatang, didahului upacara Manca Kelud. Foto: ist

BANGLI – Selesainya penataan Alun-alun Kota Bangli yang menelan biaya Rp21 miliar lebih, Pemkab Bangli kini menyiapkan agenda peresmian yang direncanakan pada 12 Januari 2022.

Peresmian Alun-alun Bangli ini akan diawali dengan upacara manca kelud, pemelaspas palinggih dan mendem pedagingan dengan di-puput tiga sulinggih.

Bacaan Lainnya

Kabag Kesra Setda Bangli, Jro Penyarikan Widata, Minggu (9/1/2022) menyebutkan, kini pihaknya tengah melakukan persiapan untuk melaksanakan upacara manca kelud yang diawali upacara mepepada wewalungan.

Upacara dilaksanakan pada Selasa (11/1/2022) dan dipuput Ida Pedande Gede Putra Manuaba Tanjung dari Griya Soka Duur Kangin Brahmana Bukit, Bangli.

Hewan yang akan dipakai untuk ulam (sarana) upakara yakni kambing, angsa, kucit hitam (kucit butwan), kuluk (anak anjing) bang bungkem dan berbagai jenis ayam seperti ayam brumbun, ayam wangkas, ayam hitam, ayam hijau, ayam putih serta ayam buik. “Hewan tersebut nantinya akan diolah untuk ulam upakara manca kelud,” jelasnya.

Puncak upacara manca kelud, pangresiganan, pemelaspas pelinggih dan alun alun,mapedagingan pada 12 Januari akan di-puput Ida Pedanda Sidemen Temuku dari Griya Jaksa, Banjar Pande, Bangli; dan Ida Pedanda Istri Kania dari Griya Alang Kajeng Nongan, Karangasem. “Untuk pelaksanaan upacara ini kami anggarkan dalam APBD tahun 2022 senilai 150 juta,” terangnya.

Baca juga :  Upacara “Nangluk Merana” di Kuta bakal Dilaksanakan Sesuai Prokes

Sebelumnya, Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, menjelaskan, sejalan dengan rampungnya penataan Alun-alun Kota Bangli, akan dilanjutkan dengan peresmian pada 12 Januari mendatang.

Peresmian Alun-alun menggunakan konsep gotong royong, dengan event organizer (EO) dikerjakan anak-anak muda muda Bangli. “Kegiatan peresmian menggunakan konsep gotong royong, jadi benar-benar dikemas Bangli Era Baru,” katanya. gia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.